Opini

Rabu 29 Juni 2022 | 21:58 WIB

Laporan: Nur Hafifah

Minimnya Penggunaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional Dan Alat Komunikasi

Nur Hafifah

Oleh: Nur Hafifah, Mahasiswi Universitas Pamulang Program Akuntansi S-1

Indonesia merupakan Negara dengan populasi penduduk terbanyak ke-4 dunia setelah Cina, India, dan Amerika. Sekitar 277.858.332 jiwa. Menurut data kependudukan dan pencatatan sipil tahun 2021, Indonesia memiliki banyak keanekaragaman baik suku, budaya, dan agama, begitu juga juga termasuk bahasa, Indonesia memiliki 718 bahasa daerah dan bangsa Indonesia sepakat mendeklarasikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa nasional. Namun bahasa Indonesia belum sepenuhnya disahkan sebagai bahasa nasional saat itu bahasa indonesia masih berstatus sebagai bahasa persatuan sampai akhirnya resmi disahkan sebagai bahasa nasional sesaat setelah kemerdekaan indonesia (Sneddon, 2003, halaman. 5-6; Montolalu dan Suryadinata, 2007, halaman. 39-40).

Bahasa indonesia merupakan salah satu mata pelajaran atau mata kuliah yang wajib diikuti bagi setiap pelajar mulai dari tingkat sekolah dasar sampai di perguruan tinggi. Walaupun mereka yang tinggal di daerah jawa tengah, jawa barat, dan daerah kecil lainya menggunakan bahasa daerah sebagai alat komunikasi sehari hari, mereka juga diwajibkan untuk mengikuti pelajaran bahasa indonesia di sekolah, karena bahasa indonesia merupakan bahasa nasional, dengan adanya bahasa nasional ini tentu akan memudahkan kita untuk dapat berkomunikasi lebih luas dengan masyarakat yang memiliki latar belakang bahasa berbeda.

Tak hanya itu, ternyata bahasa indonesia juga dipelajari di Negara lain dan dijadikan sebagai mata kuliah yang memiliki banyak peminat, seperti negara Australia, Jepang, dan Korea selatan. Karena ketertarikan terhadap tanah air negara-negara tersebut tertarik untuk mempelajari bahasa indonesia.

Namun sangat disayangkan, penggunaan bahasa Indonesia di kalangan anak muda masih sangat minim mereka lebih menyukai penggunaan bahasa slang atau bahasa gaul daripada menggunakan bahasa indonesia, bahkan tidak hanya dikalangan anak muda saja, mungkin disekitar lingkungan kita saat ini anak-anak kecil juga sering terdengar berbicara menggunakan bahasa slang atau bahasa gaul. Mereka juga menambahkan kata serapan bahasa inggris yang digabung dalam bahasa indonesia misal menambahkan kata Anyway, Literally, Be like dan masih banyak lagi bahasa inggris yang digabung dalam penggunaan bahasa Indonesia, penggunaan bahasa tersebut mungkin terdengar aneh tetapi bagi anak muda zaman sekarang penggunaan bahasa slang atau bahasa gaul sudah lazim untuk digunakan dengan alas an seakan tidak terlihat kurang gaul atau hanya ingin memberikan kesan supaya terlihat modern.

Kurangnya pengetahuan terhadap penggunaan bahasa indonesia sebagai bahasa nasional dan alat komunikasi ini akan berdampak besar bagi negara Indonesia, karena bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa indonesia yang tentunya memiliki peran yang sangat besar. Tidak hanya itu penggunaan bahasa slang atau bahasa gaul yang sudah lazim digunakan di kalangan anak muda ini akan menghilangkan jiwa nasionalisme yang ada dalam diri mereka sebagai anak muda yang akan meneruskan bangsa indonesia kelak.

Untuk itu penting adanya pengetahuan terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai salah satu identitas bangsa indonesia yang tidak boleh hilang, tidak hanya pembelajaran di sekolah tetapi perlu membiasakan penggunaan bahasa indonesia dalam berkomunikasi. Walaupun bahasa asing tidak kalah penting misalnya bahasa inggris, tetapi kita sebagai warga negara indonesia tidak boleh melupakan bagaimana cara berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa Indonesia agar generasi pada masa yang akan datang lebih baik.

Untuk itu, sebagai wujud cinta kita kepada bangsa, maka sudah keharusan bagi kita teutama kamu muda sebagai penerus perjuangan dan perkembanga bangsa maka alangkah baiknya harus melalukan beberapa hal seperti 1). belajar dan terus menggali wawasan mengenai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa nasional serta sebagai identitas bangsa Indonesia, 2). biasakan dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi, karena banyak orang diluar sana yang tentu sangat ironis kalau kita justru malah banga dalam menggunakan bahas lain, 3). sebagai warga negara Indonesia yang baik, harus lebih bisa menghargai bahasa Indonesia dengan cara terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Untuk itu mari kita gunakan bahasa nasional kita dan bangga dengan berbahasa Indonesia, karena selain menjadi alat komunikasi dan pemersatu baasa Indonesia adalah sebagai jati diri bangsa kita tercinta yaitu bangas Indonesia.

TAG BERITA

Comment