Opini

Sabtu 03 Juli 2021 | 19:40 WIB

Laporan: Ladiefaresta Mawryfical

CARA MERAWAT KULIT WAJAH

Ladiefaresta Mawryfical. Mahasiswi S1 Akuntansi Universitas Pamulang

Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan proses produksi sebum (minyak) pada kulit. Banyak dari anak remaja yang mengeluh dengan keadaan kulit wajahnya yang berjerawat. Mereka yang mempunyai kulit berjerawat pasti merasa terganggu, belum lagi mendapat komentar negatif dari orang-orang yang ada di lingkungannya. Tapi perlu diketahui aktivitas sehari-hari yang di nilai normal justru menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Apakah kalian tau hal-hal normal seperti apa yang dapat memicu munculnya jerawat? Berikut akan di jelaskan berbagai kebiasaan yang menjadi penyebab jerawat.

Menurut referensi dari https://www.alodokter.com berbagai kebiasaan penyebab jerawat diantaranya:

1.  Penggunaan telepon seluler yang kotor. Tentunya ponsel adalah alat komunikasi yang sering  di bawa kemana saja. Ponsel yang di gunakan pasti terkena keringat dan bakteri. Ketika sedang menerima panggilan tekanan telepon seluler yang terkena pipi akan memicu munculnya jerawat bahkan membuat jerawat pecah. Bakteri yang berpindah kewajah jika tidak segera di bersihkan maka akan berkembang biak pada wajah. Sebaiknya gunakan earphone dan jaga selalu kebersihan ponsel anda.

2.  Sering mencuci muka. Banyak yang menganggap bahwa sering mencuci muka dapat membuat kulit wajah bersih, padahal normalnya mencuci kulit wajah di lakukan maksimal 2 kali dalam sehari. Sering mencuci wajah dapat mengurangi minyak alami pada wajah sehingga mendorong kulit wajah memproduksi minyak lebih banyak lagi. Minyak yang berlebih dapat menimbulkan kembali jerawat.

3.  Memencet jerawat. Mencoba menghilangkan jerawat dengan cara memencet jerawat, justru dapat menyebabkan masalah baru pada kulit. Sebab saat jerawat dipencet dan ditekan, sumbatan pada pori-pori kulit dapat masuk lebih dalam. Ini membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama dan dapat meninggalkan bekas jerawat. Untuk mengatasi jerawat, gunakan obat khusus jerawat. Hindari menyentuh jerawat, apalagi dengan tangan yang kotor, sebab minyak dan kotoran dari tangan dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat.

4.  Penggunaan sprei/sarung bantal dalam jangka waktu lama. Sprei/sarung bantal harus di ganti satu minggu sekali atau paling lama dua minggu sekali. Apa kamu ingat berapa kali menggati sprei dalam satu bulan? Tempat tidur merupakan lokasi dimana bakteri dan jamur berkembang lebih cepat. Bakteri yang dihasilkan oleh tubuh dan menempel si sprei dapat menyebabkan infeksi pada wajah sehingga timbul jerawat.

5.  Tidak membersihkan wajah dari make-up sebelum tidur. Malam hari waktu dimana regenerasi kulit, tidak membersihkan make-up sebelum tidur dan make-up menempel pada sprei dan sarung bantal. Dampaknya berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat dan breakout pada kulit akan terjadi.

Nah sekarang kamu sudah tau aktivitas apa saja yang menjadi penyebab jerawat? Yuk hindari aktivitas tersebut agar kulit wajah kalian bersih, mulus dan terawat. Jika ada penyebab jerawat maka ada cara untuk merawat kulit wajah yang berjerawat.

1.  Memilih produk skincare yang cocok untuk kulit berjerawat

2.  Gunakan skincare yang mengandung niacinamide, Salicylic acid, Tea tree oil dan centella asiatica

3.  Melakukan double cleansing

4.  Spot  treatment menggunakan obat totol kusus jerawat

5.  Menggunakan sunscreen atau tabir surya

6.  Gunakan toner wajah

7.  Urutan memakai skincare yang benar

8.  Perbanyak minum air putih

9.  Jam tidur yang normal atau teratur

Lakukan cara di atas secara rutin agar kulit terhindar dari masalah jerawat. Perlu di perhatikan ingredient atau bahan yang terdapat pada produk, gunakan skincare yang mengandung niacinamide, Salicylic acid, Tea tree oil dan centella asiatica, karena bahan tersebut sangat ampuh untuk mengobati dan mencegah munculnya jerawat. Pengobatan jerawat sifatnya tidak instan, membutuhkan waktu 1-3 bulan. Jika dalam jangka waktu lama kulit wajah masih mengalami masalah yang sama, segera konsultasikan ke dokter kulit untuk penanganan yang lebih lanjut.

*) Semua isi tulisan tanggung jawab Penulis

*) Penulis adalah Mahasiswi S1 Akuntansi-Universitas Pamulang

Comment