Seputar Kita

Selasa 08 Agustus 2023 | 21:27 WIB

Laporan: noval

Pengusaha Muda Evan Giri Sukses Membangun Strategi Jualan Online Sepatu Lokal

photo kegiatan

VISIONE - Banyak yang mengira jika berjualan dengan cara online sudah habis pasarnya. Hal itu tidak berlaku bagi Evan Giri, seorang pengusaha muda yang masih terus eksis menjual sepatu lokal dengan cara online. Bahkan, omzetnya mencapai ratusan juta rupiah.

Berkat perjuanganannya yang gigih, di usinya yang masih kepala dua Evan sudah memiliki gudang sepatunya sendirii dan beberapa cabang outlet di daerah Jakarta, Bekasi dan Tangerang Selatan.

“Saya sudah memulai bisnis ini sejak tahun 2018 saat masih kuliah. Lumayan panjang sih perjalanannya, tapi kalau dikerjakan terus ya hasilnya juga maksimal” Kata Evan saat menjadi moderator di acara Workshop Parenting (29/07/2023).

Evan, selain menjadi penjual brand sepatu lokal, dia juga sangat paham tentang produk-produk sepatu baik lokal maupun luar. Dalam kesempatan yang sama, Evan juga menjelaskan bahwa untuk membangun bisnis, selain menguasai strategi penjualan, para pebisnis juga harus paham dengan produknya sendiri.

“Misalnya gini, kita jualan barang, tapi pas ditanya tentang produk yang dijual kita gak paham. Ya otomatis pelanggan akan kabur dan gak percaya sama produk kita. Jadi, membangun personal brand itu sangat penting untuk strategi online” Tambahnya.

Meskipun trend fashion sangat cepat berubah, namun dengan toko online Gudang Lokal Jakarta milik Evan yang menjual berbagai produk sepatu lokal berhasil bertahan sejak tahun 2018 hingga saat ini. Tentu diperlukan strategi-strategi jitu agar produknya tetap laku di pasaran.

“Memahami medan lapangan tentu sangat penting. Saya memulai bisnis ini kecil-kecilan. Hanya mengandalkan marketplace saja. Tapi, ketika ada peluang dan kesempatan, saya selalu ambil. Misalnya event online atau offline, promo dan diskon, dan menyesuaikan harga dengan target pasar” Lanjut Evan.

Gudang Lokal Jakarta, toko yang dimiliki Evan ini sudah mempunyai ribuan followers dan ribuan penjualan di marketplace. Selain dikenal sebagai penjual sepatu, Evan juga dikenal oleh pelanggannya sebagai orang yang paham dengan brand dan kualitas sepatu. Sehingga pelanggannya sudah tidak ragu dengan produk sepatu yang dijual di toko Gudang Lokal Jakarta milik Evan.

Comment