Peristiwa

Jumat 15 Desember 2017 | 12:33 WIB

Laporan: amir

Semua Harus Menjaga Keutuhan NKRI

Sosialisasi 4 Pilar

WAJO,VISIONE - Anggota MPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras menegaskan bahwa Negara  indonesia sebagai negara persatuan mempunyai 4 Pilar Bangsa sebagai benteng untuk mempertahankan keutuhan NKRI. Mengingat keberadaan empat pilar ini penting sebagai pusat peraturan, dasar pembangunan dan acuan untuk mencapai kesejahteraan. Hal itu disampaikannya dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan di Aula desa Poliwalie, Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, (18/10/2017). Acara yang bertema ‘Merangkul Seluruh Kalangan Untuk Menjaga Keutuhan NKRI’ itu dihadiri sekitar 150 peserta dari berbagai kalangan.

Menurut Iwan Aras, mempertahankan NKRI merupakan kewajiban semua warga negara Indonesia. Kata mempertahankan ditambahkannya, berarti menjaga maupun melindungi NKRI dari semua hal- hal yang mungkin mengancam kedaulatan NKRI terutama di masyarakat Wajo sendiri.

“Kita sebagai warga negara yang baik juga harus memiliki rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air. Rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air bisa kita wujudkan dengan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari,”katanya.

Sebagai warga negara Indonesia terutama masyarakat, menurutnya wajib mempunyai rasa cinta terhadap tanah air. Dalam kehidupan sehari-hari Iwan Aras mencontohkan beberapa tindakan yang merupakan bagian dari perwujudan menjaga keutuhan NKRI, seperti ikut menjaga keamanan wilayah negaranya dari ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam negeri, menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, mencegah terjadinya konflik horizontal, dan banyak lainnya.

“Mengolah kekayaan alam dengan menjaga ekosistem guna meningkatkan kesejahteraan rakyat. Selain itu kebiasaan rajin belajar guna menguasai ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin untuk diabdikan kepada negara. Itu semua merupakan bagian dari upaya menjaga NKRI. Selain tentunya membina persatuan dan kesatuan di manapun kita berada, baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara,” terangnya.

Ia menegaskan bahwa empat pilar ini adalah diibaratkan sebagai suatu tiang untuk mengantisipasi kemajukan bangsa Indonesia. Selain itu, hal ini sesuai dengan rumusan yang terdapat dalam UUD 1945, yaitu kebudayaan bangsa adalah kebudayaan yang timbul sebagai buah hasil budaya Indonesia.

“Usaha kebudayaan harus menuju ke arah kemajuan yaitu tidak menolak kebudayaan baru yang timbul dan berkembang dalam negara Indonesia. Namun tetap harus dipilah-pilah hal-hal yang sesuai dengan kebudayaan bangsa,” pungkasnya.

Comment