Pendidikan

Senin 21 Agustus 2023 | 16:17 WIB

Laporan: Alif

Dekan FKIP Uhamka; Mari Gapai Cita-cita dengan Belajar secara Terus-menerus

Dokumentasi Uhamka

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Yudisium tahun akademik 2022-2023 dengan dua sesi yaitu pagi dan siang. Kegiatan ini bertempat di Aula Ahmad Dahlan lantai 6 Gedung FKIP Uhamka, Senin (21/8).

Momentum ini turut dihadiri oleh Desvian Bandarsyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Sri Astuti selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka, Samsul Maarif selaku Wakil Dekan II FKIP Uhamka, Hari Naredi selaku Wakil Dekan III Uhamka, masing-masing Kaprodi, dosen, dan 1.038 peserta yudisium.

Sri Astuti selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka dalam laporannya mengatakan FKIP Uhamka meluluskan sebanyak 1.038 mahasiswa. Ia juga menjelaskan bahwa kurang lebih selama empat tahun mahasiswa FKIP Uhamka memiliki motivasi untuk memilih tugas akhir yang berupa jalur publikasi.

"Kegiatan Yudisium tahun akademik 2022-2023 FKIP Uhamka diadakan dengan 2 sesi, yaitu pagi dan siang. Peserta yudisium yang mengikuti sesi pagi berjumlah 514 dari prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jepang (PB Jepang), Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Sejarah, dan Pendidikah Geografi. Sedangkan untuk sesi dua peserta yudisium berjumlah 524 dari prodi Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Pendidik Guru Usia Dini (PG PAUD). Insya Allah kami akan bertemu kembali pada 23 Desember 2023 di JCC untuk melakukan prosesi Wisuda," ujar Sri.

Dari yudisium ini berikut daftar mahasiswa FKIP Uhamka yang memiliki IPK tertinggi dari perwakilan program studi, yaitu :

1. Anang Rizki Usahawanto, prodi PGSD dengan IPK 3,92

2. Tasya Humaira Azzahra, prodi PGSD dengan IPK 4

3. Andini Puspa Ningrum, prodi BK dengan IPK 3,8

4. Nurul fanisa prodi BK dengan IPK 3,87

5. Indah Mursyidah prodi PGPAUD dengan IPK 3,87

6. Laila Thahira Rahman, prodi Bahasa Inggris dengan IPK 3,74

7. Qori Maulana Ismail, prodi PBSI dengan IPK 3,85

8. Dhiba Riswinda Fajar , prodi PBSI dengan IPK 3,89

9. Tasya Agustina Sofyan, PB Jepang dengan IPK 3,94

10. Taris Mariyani, prodi Pendidikan Fisika dengan IPK 3,85

11. Erika Putri, prodi Pendidikan Ekonomi dengan IPK 3,87

12. Aliza Natasya Putri, prodi Pendidikan Geografi dengan IPK 3,82

13. Musnika Muharani Albantani, prodi Pendidikan Biologi dengan IPK 3,88

14. Herdin Muhtarom, prodi Pendidikan Sejarah dengan IPK 3,92

15. Ahmad Iswanto, prodi Pendidikan Matematika dengan IPK 3,97

Dilain pihak, Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka menuturkan bahwa kelulusan bukanlah akhir dari perjalanan, tetapi merupakan langkah baru untuk menuju perjalanan yang sesungguhnya. Maka ia berpesan kepada mahasiswa FKIP Uhamka untuk terus belajar dan menuntun ilmu hingga yang dicita-citakan tercapai seperti menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), guru profesional,  Edupreneur dan lainnya. Seperti Hadis Rasulullah Saw Uthlubul 'ilma minal mahdi ilal lahdi yang artinya menuntut ilmu itu daru buaian sampai liang lahad.

“Kita harus memiliki pola pikir yang bertumbuh agar kita tidak tertinggal. Karena kita akan menghadapi masa Bonus Demografi tahun 2.045 mendatang. Generasi muda nanti akan bersaing. Modal yang kita punya adalah ilmu pendidik dan mindset yang terus maju serta bertumbuh. Menjadi pendidik yang profesional merupakan tantangan untuk kita bersama. Sebagai pendidik kia harus  dapat menstransfer ilmu yang dimiliki dengan baik agar menghasilkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Hal ini karena kita sudah memasuki zaman VUCA yaitu Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity,” tutur Purnama.

Selanjutnya dari peserta yudisium ini, mereka berkuliah di Uhamka terutama di FKIP Uhamka telah mendapatkan berbagai beasiswa untuk menopang biaya perkuliahannya selama di FKIP Uhamka. Beberapa peserta yudisium tahun akademik 2022-2023 telah berkuliah dengan program beasiswa diantaranya beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU), beasiswa unggulan Kemendikbudristek, beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP), beasiswa Bidikmisi, beasiswa cendikia BAZNAS, dan beasiswa lainnya yang telah di dapatkan serta masih banyak potongan-potongan biaya perkuliahan yang diberikan oleh Uhamka itu sendiri, mari bergabung bersama FKIP Uhamka. Selengkapnya dapat melalui tautan berikut http://linktr.ee/uhamka

Comment