Pendidikan

Sabtu 25 Desember 2021 | 18:30 WIB

Laporan: Daan

Peningkatan Layanan Administrasi Digital SIABAS oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Pamulang Pada Bank Sampah Asri Berseri Benda Baru

Photo Bersama Dosen Pengabdi

Pada tanggal 22-24 Desember 2021 Dosen UNPAM melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Bank Sampah Asri Berseri yang lokasinya ada pada RT.006, RW.009 Kelurahan Benda Baru, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh 5 (lima) dosen UNPAM dari berbagai macam jurusan yang dibantu oleh beberapa mahasiswanya. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian tugas dosen yaitu tridharma perguruan tinggi, begitu disampaikan oleh Ketua Tim PKM Ibu Gunartin, SE, MM. dalam kesempatan tersebut ketua Tim PkM juga menyampaikan kepada Kelompok Masyarakat Bank Sampah Asri Berseri bahwa kegiatan ini mendapatkan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi yang bekerjasama dengan Universitas Pamulang.

Ketua Tim PKM mengatakan bahwa tema yang kami ambil adalah “Implementasi Administrasi Berbasis Digital pada Kelompok Masyarakat Bank Sampah Asri Berseri RT.06, RW.09, Benda Baru, Pamulang, Tangreang Selatan”, harapan kami dengan kegiatan ini masyarakat kelompok Bank Sampah makin melek digital, bisa tahu berapa total nilai yang telah ditabung di Bank Sampah dan akan mengetahui berapa rupiah saldo yang ada di Bank Sampah Asri Berseri dari HP yang sudah menjadi pegangan sehari-hari kita.  Disampaikan juga bahwa kegiatan ini merupakan implementasi penelitian kami mengenai pengelolaan sampah oleh Bank Sampah.

Sementara itu Ibu Suciati Muanifah, SE, MM. menyampaikan bahwa sangat berterima kasih atas partisipasi aktif ibu-ibu di Bank Sampah Asri Berseri, dari yang tak berguna, dikelola menjadi pemasukan untuk menambah pendapatan dan tentunya menjaga lingkungan sekitar dari permasalahan sampah. Sebagai narasumber yang telah melakukan penelitian mengenai pengelolaan sampah Ibu Suci (demikian biasa panggilan akrabnya) dengan penuh semangat menyampaikan, bahwa aktifitas ibu-ibu dengan mengelola sampah kemudian menjadi rupiah InsyaAllah berkah, dan kemudian diberikan tepuk tangan oleh ibu-ibu yang hadir saat itu.

Acara pokok PKM dengan narasumber Asep Erlan Maulana, S.Kom., M.Kom. yang dibantu mahasiswanya yaitu Emil Sutanto menyampaikan materi mengenai penggunaan aplikasi “Sistem Aplikasi Bank Sampah Asri Berseri (SIABAS)” jadi bapak ibu jangan lupa nama aplikasinya SIABAS ya. Cara penggunaannya mudah, bapak ibu tinggal akses aplikasinya di HP(androidnya) masing-masing kemudian download di Playstore cari aplikasinya SIABAS. Nanti disana terdapat fitur-fitur Profil, Saldo, Histori, Ajukan Pengambilan Sampah, Chat Whatsapp Pembeli semuanya mudah tinggal klik maka pilihan menu yang bapak ibu mau siap digunakan.

Pada sesi lain Dr. Susanto, SH, MM, MH menjelaskan bahwa secara hukum aplikasi ini legal karena sudah didaftarkan di Dirjen Kekayaan Intelektual pada Kementerian Hukum dan HAM dengan Nomor Pendaftaran EC00202184273 dengan pendaftaran Hak Cipta Program Komputer. Secara hukum aplikasi ini aman.

Ketua RT 06 RW.09 Bapak Dwi April Yanto menyambut baik kegiatan PKM yang dilakukan oleh Dosen UNPAM, kami sangat berterima kasih kepada Dosen UNPAM yang telah memberikan kami wawasan baru, ternyata bukan belanja saja yang bisa dilakukan secara online, tetapi nambung sampahpun ada aplikasinya. Jadi Ibu–ibu sekarang sudah dipermudah dengan online-online ini termasuk pengelolaan Bank Sampah, mudah-mudahan dengan adanya aplikasi ini Bank Sampah Asri Berseri semakin maju. Sekali lagi terima kasih kepada Dosen UNPAM.

Dari wawancara dengan warga peserta PKM ini Ibu Desi Siti Mucharomah, S.Pd. Mengatakan “ Kami sangat berterima kasih dengan kegiatan ini, tentu dengan adanya apalikasi SIABAS ini kita nanti akan bisa memantau kegiatan kami di Bank Sampah, pokoknya matep kegiatan PKM dosen UNPAM ini, Terima kasih bapak ibu dosen”.

Secara terpisah sebagai perwakilan UNPAM, Dr. Ali Maddinsyah, SE, MM, memnyampaikan bahwa kami dari UNPAM telah mendapatkan hibah dana bantuan untuk kegiatan Penelitian dan PKM MBKM, yang mana kegiatan tersebut merupakan implementasi dari penelitian yang telah dilakukan oleh Dosen, kegiatan ini merupakan wujud peran Perguruan Tinggi kepada masyarakat dalam rangka melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, bersar harapan kami dari implentasi kegiatan ini akan berdampak positif terhadap perubahan positif di masyarakat, masyarakat dikenalkan dengan teknologi yang aplikatif. Kegiatan ini merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi yang bekerjasama dengan Universitas Pamulang, sebagai wujud pengabdian kalangan akademisi UNPAM, pungkasnya.

TAG BERITA

Comment