Pendidikan

Sabtu 24 Juli 2021 | 07:03 WIB

Laporan: Gufi

Uhamka Bekali Keterampilan Berpikir Kritis Guru di Masa Pandemi

Dokumentasi LPPM Uhamka

Jakarta, visione.co.id.--Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka bekerjasama dengan  Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta  melaksanakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Soal HOTS Bagi Guru Muhammadiyah DKI Jakarta. Acara diselenggarakan pada tanggal 23 Juli 2021 dan akan dilaksanakan untuk sesi berikutnya pada tanggal 27 Juli 2021. Selain hadir ratusan guru-guru dari semua jenjang pendidikan di lingkungan sekolah Muhammadiyah DKI Jakarta juga sekolah non Muhammadiyah yang diundang untuk ikut berpartisipasi.

Ketua tim pengabdian masyarakat, Dr. Budhi Akbar, M.Si menyatakan latar belakang kegiatan dari keprihatinan rendahnya  kemampuan berpikir siswa Indonesia di Trends in International Mathematics and Science Study (TIMMS).

“Penulisan soal oleh guru harus berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi” papar Sekretaris I Sekolah Pascasarjana Uhamka kepada redaksi visione.co.id Jum’at (23/07/2021).

Pernyataan ini diperkuat oleh Dr. Susanti Murwitaningsih, M.Pd menyatakan pentingnya asesmen di Indonesia diarahkan ke model asesmen High Order Thinking Skills (HOTS).

“Guru dapat membuat asesmen yang bersifat kontekstual dan menarik” Ujar doktor alumnus UNJ.

Acara yang dipandu oleh Lutfi Safahi, M.Pd sangat menarik perhatian guru untuk memberikan tanggapan. Persoalan membuat asesmen yang berlevel HOTs masih menjadi kendala di sekolah. 

Tanggapan datang dari Dina Nur Farida, M.Pd, guru SMA Muhammadiyah 11 Jakarta. Baginya soal yang dibuat secara mandiri oleh guru sudah termasuk HOTs ternyata masih kurang stimulus.

Kesan dari peserta merasakan atmosfer pelatihan yang berbeda dengan webinar lainnya. Hal ini terlihat dari tanggapan Velly Mubarok, S.Pd, guru SMP Kartika Jakarta.

“Banyak guru yang miskonsepi dengan soal HOTS. Pada pelatihan ini banyak tips yang diberikan untuk membuat soal HOTs yang mumpuni” ujar Velly saat sesi terakhir acara.

Comment