Blegedes

Minggu 21 Februari 2016 | 09:45 WIB

Laporan: Apat Sy

GM Sudarta: Karikatur Bukan Sekadar Lelucon

ilustrasi kartun

Visione.co.id - Kartunis yang gemar mengenakan pakaian serba hitam ini lahir di Klaten , Jawa Tengah, 1946. Menjadi karikaturis  tetap di harian KOMPAS sejak  tahun 1967. “Om Pasikom” adalah tokoh ciptaannya yang ikut memberi warna, bahkan menjadi trade mark harian Kompas. Tokoh Om Pasikom pernah diangkat ke layar lebar pada tahun 1990 dengan bintang utamanya Didi Petet.

Sebelum menjadi Karikaturis, jebolan STSRI-ASRI Yogyakarta (1965-1967) ini adalah pelukis yang cukup aktif berpameran. Sampai akhirnya di tahun 1968 setelah pameran di Balai Budaya Jakarta, Kartunis yang banyak mendapat penghargaan baik di tingkat Nasional dan Internasional  bertekad meninggalkan dunia seni lukis untuk menerjuni dunia karikatur secara total.

Baginya, Karikatur bukan sekedar lelucon yang disampaikan lewat gambar. Karikatur juga sarana untuk menyelamatkan kita dari rasa marah dan rasa muak terhadap kepahitan sosial. Pada karikatur orang mengharap dapat menemukan sarkasme di tengah kelumpuhan berpikir. [Apt]

TAG BERITA

Comment