Seputar Kita

Rabu 10 Februari 2021 | 16:41 WIB

Laporan: Somariah Fitriani

Masa Pendemik, Dosen Uhamka Berikan Pemahaman Parenting Bagi Orang Ttua Dalam Pembelajaran Anak-Anak.

Pelatihan parenting tentang keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak anak bagi orang tua murid selama masa pandemi Covid 19 secara daring (online).

Jakarta, visione.co.id--Tim PKM UHAMKA yang terdiri dari Dr. Somariah Fitriani, dan Dr. Yessy Yanita Sari, M.Pddibantu dengan mahasiswa sekolah pascasarjana Samsiah, bekerja sama dengan Laz Dewan Da’wah memberikan pelatihan parenting tentang keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak anak bagi orang tua murid selama masa pandemi Covid 19 secara daring (online).

Yessy Yanita Sari, Dosen Uhamka menyatakan Tim PKM tergerak hatinya untuk mengadakan kegiatan workshop ini untuk membantu para orang tua dalam mengatasi permasalahan yang dialami oleh semua orang tua di seluruh dunia.

“Dalam situasi normal, parenting atau pola asuh dan keterlibatan orang tua memegang peranan penting dalam proses pembelajaran dan pembentukan karakter anak -nak, apalagi dalam masa pandemi Covid 19 ini yang mengharuskan anak anak belajar di rumah.” Kata Yessy Yanita Sari, pengiat parenting

Workshop dilakukan dengan menggunakan platform Zoom pada tanggal 16 April 2020 yang dibagi menjadi dua sesi dengan tema “Workshop Tips and trik mendidik anak di Rumah selama situasi Pandemi Covid 19. Peserta kegiatan sebanyak 23 peserta dari 65 yang mendaftar yang terdiri dari guru, pendidik, orang tua dan ibu rumah tangga.

Dr. Somariah Fitriani selaku dosen Uhamka memberikan materi dalam workshop parenting ini lebih menekankan baik konsep secara umum maupun secara konsep keislaman mengenai pentingnya.

“Kami mendampingi orang tua dalam proses pembelajaran khususnya di masa pandemi ini, jenis jenis pendampingan orang tua dan bagaimana mengatasi permasalahan pembelajaran seperti strategi pembelajaran yang bisa dilakukan secara daring dan luring kepada anak anaknya dan kebosanan yang melanda anak anak khususnya anak anak sekolah dasar.” Papar Somariah Fitriani selaku pegiat parenting.

Kegiatan workshop ini diakhiri dengan meminta para peserta untuk mengisi kuesioner yang bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan yang dilakukan secara daring. Secara keseluruhan 85% peserta merasa puas dengan kegiatan ini.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga berlanjut dengan memberikan bantuan sembako dan pemberian masker kepada warga TK Aisyiyah 92 serta menginformasikan pentingnya penggunaan Masker, menjaga jarak dan cuci tangan untuk mengantisipasi penularan dalam kegiatan program “Gerakan penanggulangan wabah pandemic covid 19 berbasis komunitas pada bulan Mei 2020. Kerjasama ini dilakukan dengan Ketua Cabang Gambir Aisyiyah, Ibu Vera Husen, S.H.

Comment