Megapolitan

Sabtu 12 Agustus 2017 | 10:15 WIB

Laporan: Toto

Senator: Pulau Tidung Memiliki Potensi Jika Dikelola dengan Benar

Istimewa.

JAKARTA -  Anggota DPD RI,  Dr. Abdul Aziz mengatakan Kepulauan Seribu memiliki potensi yang yang sangat besar untuk kesejahteraan masyarakat setempat jika dikelola dengan baik dan benar. Namun, hal tersebut kerap kali belum mendapat perhatian yang serius, sehingga potensi yang telah Tuhan anugrahkan belum menghadirkan keberkahan bagi masyarakatnya.

Maka itu Ia mendorong agar anugerah yang Tuhan telah titipkan untuk terus dikembangkan, Misalnya dengan menjadikannya sebagai destiansi wisata.

“Kita bisa kembangkan potensi yang ada misalnya dengan menjadikan sebagai destinasi wisata,” katanya saat mengunjungi Kelurahan Pulau Tidung, Rabu (9/8).

Pada kunjuangan tersebut Aziz didampingi langsung oleh Lurah Pulang Tidung, Cecep Efendi dan beserta jajaran Satuan Kerja Pemirintah Daerah (SKPD). Dalam kunjungan itu, Senator dari DKI Jakarta ini menggelar dialog dengan pejabat pemerintahan setempat dan aparatur pemerintah daerah dan melakukan silaturahmi dengan masyarakat setempat.

Menurutnya untuk mengembangkan potensi yang ada harus melakukan langkah-langkah penting, yaitu memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM) dan melibatkan masyarakat setempat. Sehingga kekayaan alam yang terkadung di pulau tersebut bener-benar dinikmati oleh masyarakat setempat.

“Kita harus memulai dengan melakukan peningkatan SDM birokrasi, pelibatan (partisipasi) masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan,” katanya.

Selain itu pada pertemuan tersebut Aziz juga menyoroti permasalahan minimnya lahan untuk tempat pembuangan sampah (TPS), dan aspek pemanfaatan anggaran.

Menanggapi hal tersebut Lurah Pulau Tidung, Cecep Efendi mengungkapkan permasalahan dalam pemanfaatan anggaran disebabkan karena banyak pejabat pemerintah desa belum mengerti soal perencanaan, sehingga banyak kesalahan dalam pemanfaatan anggaran.

Terkait potensi alam Cecep menuturkan bahwa potensi yang dimiliki Pulau Tidung adalah budidaya rumput laut. Cecep mengungkapkan bahwa potensi yang sedang dikembangkan oleh para petani masyarakat setempat memiliki prospek yang sangat bagus.

“Potensi ini memberikan manfaat  bagi pendapatan masyarakat di Pulau Tidung,” ujarnya.

Namun, potensi yang besar ini masih terkendala dengan pemasaraan. Sehingga hasil budidaya rumput laut ini masih kurang  dikenalkan karena tidak di pasarkan di luar Pulau Tidung.

Sementara itu dari aspek pariwisata Pulau Tidung masih kurang di minati oleh Wisma dibanding dengan pulau-pulau lainnya  yang ada di Pulau Seribu ini.

“Ini dikarenakan SDM dalam hal marketing yang belum memiliki daya menjual. Handy Craf memiliki potensi yang bagus dalam roda keuangan di Pulau Tidung dan Pos Damkar untuk di pulau seribu harus di tingkatkan,” jelasnya.

Comment