Pendidikan

Kamis 19 Januari 2023 | 09:33 WIB

Laporan: Alif

Tingkatkan Kualitas SDM, Uhamka Kerja Sama dan Tandatangani MoU dengan UNIMAR

dokumentasi uhamka

Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyambut ramah kunjungan silaturahmi dan kerjasama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin (UNIMAR) di Ruang Sidang A, Lantai 1, Gedung A, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka, Rabu (18/1).

Acara pertemuan ini turut dihadiri langsung oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Purnama Syae Purrohman selaku Kepala Unit Kerja Sama Uhamka, Pahman Habibi selaku Kepala Divisi Kerja Sama Dalam Negeri dan Luar Negeri Uhamka, Jaka Supriyanta selaku Rektor UNIMAR, Abdul Aziz Setiawan selaku Wakil Rektor 1 UNIMAR, serta Sena Atmaja selaku Kepala Kerja Sama UNIMAR.

Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menyambut dengan baik kerja sama terutama antar Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) dengan melakukan kerja sama kolaborasi dalam membangun networking yang menjadi sebuah keharusan untuk mendapatkan banyak manfaat terutama networking antar PTMA, diantaranya melalui banyak program-program yang dapat dilakukan bersama terutama program terkait dengan catur darma perguruan tinggi yakni pendidikan, pengajaran, riset, pengabdian, serta Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIKA).

Selain itu, Prof Gunawan juga mengatakan bahwa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bukan hanya ditujukan untuk dosen saja tetapi juga untuk tenaga kependidikan, dan pada saat mereka datang kembali ke kampus masing-masing diharapkan dapat membawa suatu budaya yang perlu untuk ditiru kemudian dikembangkan serta kembali dengan menebarkan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

"MBKM itu bukan hanya dosen tetapi tenaga kependidikan juga berhak, supaya ada sesuatu budaya yang bisa diambil dan tentu nanti saat kembali ke kampus masing-masing mereka bisa membawa dampak positif bagi sekitar," ujar Prof Gunawan.

Jaka Supriyanta selaku Rektor UNIMAR mengatakan bahwa tiang penguat dari Uhamka ini diantaranya adalah dengan adanya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).  Disisi lain, dahulu pada saat penggabungan UNIMAR, Prof Suyatno selaku mantan Rektor Uhamka dengan masa jabatan dari tahun 2005 hingga 2018 (2005–2009) dan (2010–2018) turut hadir untuk mensupport berdirinya UNIMAR dan beberapa kali memberikan pandangan-pandangan yang baik pada saat rapat demi pembangunan dan kemajuan UNIMAR.

"Dulu pada saat penggabungan UNIMAR, Prof Yatno hadir ke UNIMAR untuk mensupport kami dan beberapa kali pada saat rapat pun beliau memberikan pandangan-pandangan yang baik," ujar Jaka.

Dengan demikian, Prof Gunawan berharap melalui adanya kolaborasi tersebut perlu untuk terus berupaya membangun dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dosen maupun Tenaga Kependidikan (Tendik).

Comment