Pendidikan

Selasa 17 Januari 2023 | 13:43 WIB

Laporan: Alif

UPT Perpustakaan Uhamka Upgrade Kemampuan Pustakawan melalui Pelatihan Excellent Service

dokumentasi uhamka

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan pelatihan “Excellent Service bagi Pustakawan: Layanan Prima menuju Profesionalitas Pustakawan” secara luring di Kampus E Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Sabtu (14/01).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh 24 Pustakawan dari berbagai fakultas di lingkungan Uhamka, empat peserta tamu dari Institut Teknologi Dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITB Ahmad Dahlan) Jakarta dan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Sedangkan Dickdick Sodikin Natamihardja hadir sebagai instruktur pelatihan.

Prof. Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka memberikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan pelatihan ini melalui Zoom Meeting. Ia menekankan pentingnya pelayanan yang baik kepada pemustaka di lingkungan Uhamka sehingga pustakawan Uhamka dapat menjadi pustakawan yang profesional.

“Pustakawan merupakan profesi, dimana seorang profesional itu mengedepankan tanggung jawabnya, Ketika kita mengalami apapun, gangguan apapun, kondisi apapun tetap harus melayani dengan baik itulah seorang Profesional, nah itu harapan saya” tutur Prof Gunawan.

Selain memberikan kata sambutan, beliau sekaligus membuka kegiatan pelatihan untuk Pustakawan Uhamka ini. Sebagai instruktur, Bapak Dickdick Sodikin, selain mampu membangun suasana pelatihan yang menyenangkan dan interaktif, juga mampu menyampaikan banyak materi pembelajaran mengenai pelayanan kepada para peserta.

Pada sesi pertama, Dickidck Sodikin membahas mengenai memahami quality service  dan service culture, keterampilan kunci untuk customer service yang berkualitas, mengelola customer dengan tipe perilaku yang berbeda-beda, serta pemaparan mengenai langkah-langkah untuk pemulihan service breakdown.

Sedangkan, pada sesi kedua, ia membahas mengenai orientasi pelayanan, disampaikan pemahaman mengenai apa tujuan pelayanan, siapa yang dilayani, komponen dari tujuan pelayanan, perilaku pelayanan dan studi kasus.

Di akhir acara, Dickdick menyampaikan harapannya agar perpustakaan Uhamka mampu memberikan pelayanan yang bermutu dan secara konsisten dapat meningkatkan hal itu. Sehingga pelayanan perpustakaan dapat sesuai dengan ekspektasi pelanggan

“Harapannya adalah Perpustakaan Uhamka bukan hanya sekedar menjadi tempat mencari buku, namun mampu memberikan Pelayanan yang konsisten, memenuhi dan bahkan melampaui harapan pelanggan.” ujar bapak Dickdick Sodikin.

Comment