Opini

Kamis 30 Juni 2022 | 20:28 WIB

Laporan: Pitri Yolantika

Pentingnya Mengajarkan Penggunaan Bahasa Indonesia Sejak Dini

Pitri Yolantika

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan sebagai warga Indonesia, Penggunakan bahasa Indonesia tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai identitas nasional yang diakui secara hukum. Bahasa Indonesia mengajarkan cara berbicara yang baik dan benar. Selain itu juga dapat menumbuhkan rasa kesopanan dan kehormatan. Oleh karena itu, di era globalisasi ini cenderung banyak munculnya bahasa baru atau disebut dengan “bahasa gaul”. Maka dari itu bahasa Indonesia harus tetap dipertahankan agar tidak merosot seiring berjalannya waktu.

Indonesia merupakan Negara Kesatuan dengan 34 provinsi. Menurut Kementerian Dalam Negeri RI, terdapat 514 kabupaten dan kota, di antaranya 416 kabupaten dan 98 kota. Pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda dari berbagai daerah, suku dan agama berkumpul untuk mengambil keputusan dan bersumpah untuk tanah air, Negara dan bangsanya. Jadi kita harus mulai sejak dini agar anak cucu kita bisa berbahasa Indonesia. Kita hidup di berbagai pulau dan daerah asing, tetapi bahasa Indonesia adalah bahasa utama penduduk asli Indonesia, sehingga bahasa Indonesia perlu kita jaga. Di Indonesia, kita harus mulai mengajarkan etika dengan benar. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang sangat penting yang perlu diajarkan untuk diucapkan dengan benar saat seorang anak tumbuh dewasa.

Melalui bahasa, orang dapat mengubah ide dan gagasan dari ilmu pengetahuan. Hasil refleksi tersebut perlu dikomunikasikan kepada masyarakat luas melalui bahasa. Oleh karena itu, perkembangan bahasa harus didorong sejak usia dini. Namun, orang tua sering bingung tentang waktu yang tepat untuk mengajari anak-anak mereka bahasa.

Pengenalan bahasa pertama kepada anak dapat berupa bahasa apa saja yang digunakan oleh setiap komunitas keluarga. Orang tua perlu memastikan bahwa bahasa yang pertama kali digunakan dan diperkenalkan kepada anak mereka sesuai untuk tahap pemerolehan bahasa.

Pemahaman yang baik tentang keluarga dan lingkungan pada proses pertama akan mempermudah proses pemerolehan bahasa selanjutnya. Masalah pengenalan bahasa sejak usia dini sangat penting. Karena bahasa memungkinkan anak untuk berkomunikasi dengan orang lain di sekitarnya. Anak sekolah dasar menggunakan bahasa yang bermakna untuk menyampaikan kebutuhan, pikiran, dan perasaan mereka melalui bahasa.

Sehingga, bahasa merupakan suatu alat komunikasi suatu bangsa. Dengan adanya bahasa kita mempunyai rasa kesopanan dan kehormatan tersendiri. Dalam hal ini kita dapat mengajarkan dan mengarahkan atau melatih sejak usia dini agar dapat menggunakan bahasa dengan baik dan benar. Karena di era global saat ini banyak masyarakat yang cenderung menggunakan bahasa asing dibandingkan dengan bahasanya sendiri. Maka dari itu kita sebagai warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk melatih anak-anak usia dini menggunakan bahasa indonesia dengan lancar, seiring berjalannya waktu jika terus-menerus menggunakan bahasa asing, maka identitas bangsa akan punah dan bisa saja hilang. Oleh karena itu kita sebagai warga negara Indonesia harus menjaga dan melestarikan bahasa kita yaitu Bahasa Indonesia.

TAG BERITA

Comment