Pendidikan

Kamis 02 Juni 2022 | 16:02 WIB

Laporan: Alif

Uhamka Eratkan Hubungan dengan Pemerintah Tanah Datar, Bangun Sektor Pertanian Cemerlang di Masa Depan

Dokumentasi Uhamka

Demi menjamin mutu Perguruan Tinggi, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) terus memperluas ikatan silaturahminya dengan pihak luar untuk pembangunan Indonesia berkemajuan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, di Aula A.R Fachrudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka, Kamis (2/6).

Kegiatan ini dihadiri oleh Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Zamah Sari Warek II Uhamka, Lelly Qodariah selaku Warek III Uhamka, Bunyamin selaku Warek IV, para Dekan, Direktur Sekolah Pasca Sarjana, Kepala Biro, Ketua Lembaga, dan Kepala Satuan di lingkungan Uhamka. Selain itu hadir pula Eka Putra selaku Bupati Tanah Datar bersama dengan staff pemerintahan Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan ini merupakan langkah berkemajuan dalam visi misi Uhamka sebagai Prophetic University, Uhamka menjadi pelopor dalam menyebarkan inovasi melalui pengabdian dan pemberdayaan di masyarakat.

Prof Gunawan Suryoputro mengungkapkan bahwa kerjasama yang terjalin antara Uhamka dan Kabupaten Tanah Datar merupakan kerjasama dengan tingkat inovasi yang tinggi. Selain itu Uhamka terbuka dalam kerjasama dalam berbagai bidang dan aspek.  Karena Uhamka terdiri dari 10 Fakultas termasuk didalamnya Sekolah Pascasarjana. Fakultas-fakultas tersebut memiliki inovasi dan kreativitas yang bermanfaat sesuai jurusannya masing-masing.

“Kerjasama ini merupakan suatu inovasi yang cukup tinggi. Kami terbuka untuk membangun sinergi yang baik. Karena kami memiliki 10 Fakultas termasuk didalamnya Sekolah Pasca sarjana. Salah satunya adalah Fakultas Teknik, walaupun kita tidak ada bidang keilmuan pertanian, tapi di Fakultas Teknik punya inovasi untuk peningkatan pemberdayaan di masyarakat maupun pertanian. Hal ini merupakan awal. Menurut saya ini cukup besar kesempatannya,” ujarnya Prof Gunawan.

Eka Putra, Bupati Tanah Datar menyampaikan bahwa Kabupaten Tanah Datar memiliki letak geografis yang strategis. Selain itu Tanah Datar memiliki potensi alam yang baik dengan program-program unggulan didalamnya. Eka Putra berharap Uhamka dapat memberikan potensi yang dimiliki untuk mendukung program Pemerintah Daerah secara maksimal karena Kabupaten Tanah Datar memiliki potensi yang sangat besar.

“Kabupaten Tanah Datar berdiri di atas wilayah geografis yang strategis, serta memiliki potensi dan program yang unggul. Tentu kami atas nama Kabupaten Tanah Datar berterimakasih telah mengundang dan memfasilitasi penandatanganan kerjasama ini. Saya bangga bisa bekerja sama dengan Uhamka sehingga diharapkan dapat mengimplementasikan Catur Dharma dan mencapai visi misi Tanah Datar. Uhamka dapat memberikan potensi yang dimilikinya di Perguruan Tinggi untuk mendukung program Pemerintah Daerah secara maksimal karena Kabupaten Tanah Datar memiliki potensi yang sangat besar,” tuturnya.

Comment