Pendidikan

Jumat 06 Agustus 2021 | 14:29 WIB

Laporan: Setiawan

Penyelenggaraan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang

Foto Bersama PKM Tim Dosen Prodi Teknik Informatika

Visione.co.id - Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang (Unpam) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masayarakat (PKM). Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertempat di SMK Arraisiyah Jl. Surya Kencana Gg. Kemuning Iv No. 17 RT 5 RW 6 Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan. Lokasi sekolahan yang padat penduduk dan dengan akses internet yang mudah, memudahkan para guru dalam berinteraksi dengan siswa dengan memanfaatkan aplikasi pendukung pembelajaran jarak jauh. Kegiatan dilakukan selama 3 hari, dari tanggal 28-30 Mei 2021. Dengan Tema “PENGENALAN APLIKASI PENDUKUNG PJJ DI SMK ARRAISIYAH KOTA TANGERANG SELATAN”.

Irpan Kusyadi selaku Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat menerangkan bahwa  Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah untuk memenuhi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai bentuk aspirasi dan pelayanan kepada masyarakat serta menyumbang kontribusi kepada pengembangan serta penerapan keilmuan di tengah masyarakat. Kegiatan dilakukan dengan mengunjungi SMK Arrasiyah guna melakukan sosialisasi dan pengenalan untuk pemahaman bagi guru-guru disana dalam pembuatan dan pengenalan aplikasi PJJ yang interaktif dan menarik.

Metode pelakasanaan ini berupa kegiatan yang mencakup pengenalan dan pelatihan dalam menggunakan aplikasi pendukung PJJ sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran. Kegiatan ini mencakup penyampaian materi tentang pengenalan awal aplikasi pendukung PJJ kemudian dilanjutkan dengan menuntun untuk para guru dalam penggunaan aplikasinya. Materi pertama memberikan penjelasan tentang aplikasi Zoom dan fitur-fitur didalamnya termasuk dengan lisensi dari aplikasi tersebut . Dan juga menjelaskan bagaimana cara penggunaannya. Materi kedua membahas sekilas tentang penggunaan aplikasi Schoology, yakni menjelaskan tentang fitur-fitur yang ada didalamnya. Materi ketiga membahas tentang aplikasi bawaan dari Google yaitu Google Meet yang bisa dipakai untuk Vidio Converence seperti Zoom. Materi keempat membahas tentang aplikasi Learning yaitu google classroom, pembahasan untuk materi ini dijelaskan dari awal pembuatan akun sampai simulasi pembelajaran antara guru dan sisiwa.

Pada kegiatan ini dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang bertindak sebagai Narasumber dan instruktur. Khalayak sasaran untuk kegiatan PKM ini adalah para Guru – guru SMK Arraisiyah Tangerang Selatan.

Dengan diadakannya sosialisasi pengenalan aplikasi PJJ kepada para guru di SMK Arraisiyah, semoga dapat meningkatkan minat belajar dan mengajar antara guru dan murid dengan memanfaatkan berbagai aplikasi pendukung Pembelajaran Jarak Jauh. Dengan terupdatenya pengetahuan mmengenai berbagai aplikasi pendukung PJJ, para guru dapat menyesuaikan diri dengan aplikasi sesuai kebutuhan yang ada dilingkungan kelasnya. Selain itu, para guru juga dapat membuat konten video kreatif menggunakan media tambahan yang sudah dibekali oleh Tim Dosen.

Sosialisasi Pengenalan aplikasi PJJ berjalan dengan tertib yang dihadiri kurang lebih 20 peserta guru dari SMK Arraisiyah. Kami Tim Dosen didampingi beberapa Mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika akhirnya dapat menyelesaikan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini sebagai salah satu kewajiban Tridarma para dosen.

Dapat disimpulkan bahwa para guru yang ada di SMK Arraisiyah dapat memahami dan memanfaatkan beberapa aplikasi pendukung Pembelajaran Jarak Jauh untuk menukung kegiatan belajar mengajar sehingga masalah yang dihadapi bisa terselesaikan.

Comment