Pendidikan

Minggu 25 Juli 2021 | 21:44 WIB

Laporan: Do Do Wow

Dosen FEB UHAMKA Edukasi Menulis Artikel Ilmiah Guru SMA Muhammadiyah Se-DKI Jakarta

Dokumntasi FEB UHAMKA

Jakarta – Menulis artikel ilmiah diyakini mampu meningkatkan kemampuan profesionalisme guru, yang merupakan salah satu pilar utama dalam Sistem Pendidikan Nasional. Sesuai dengan SK MEMPAN No. 17/MENPAN/2012, kenaikan pangkat guru dari golongan/ruang III-b ke III-c dan seterusnya diharuskan untuk melaksanakan kegiatan karya ilmiah. Salah satunya, adalah dengan mempublish sebuah artikel ilmiah. Namun pada kenyataannya, masih banyak guru di Indonesia yang kurang memahami konsep dasar membuat artikel ilmiah. Selain itu, motivasi yang kurang untuk menulis artikel ilmiah juga menjadi kendala lain yang dimiliki oleh guru di Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, LPPM UHAMKA tergerak untuk mengadakan kegiatan webinar terkait penulisan artikel ilmiah dan pemahaman akan pentingnya menulis artikel ilmiah bagi guru sesuai informasi yang diterima redaksi visione.co.id. Ahad (25/07/2021).

Webinar dengan judul “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Kepada Guru SMA Muhammadiyah se-DKI Jakarta” diadakan pada hari Jumat, 23 Juli 2021 pukul 09.00 – 11.30 WIB. Kegiatan PKM ini bermitra dengan PWM Dikdasmen DKI Jakarta, yang diikuti oleh peserta dari kalangan guru SMA Muhammadiyah wilayah DKI Jakarta. Pemberian materi dilakukan secara daring selama kurang lebih 1,5 jam. Materi yang diberikan terkait dengan pentingnya membuat artikel ilmiah dan kosep dasar serta teknik dalamm penulisan artikel ilmiah.

Dr. Gufron Amirullah, M.Pd., selaku sekretaris Majelis Dikdasmen PWM DKI Jakarta menyampaikan bahwasanya kegiatan ini merupakan jalan positif bagi Sekolah Muhammadiyah DKI Jakarta di masa depan.

“Setiap guru Sekolah Muhammadiyah di DKI Jakarta harus senantiasa membuka cakrawala yang luas.” Papar Gufron dalam pembukaan acara.

Selain itu Sekretaris Universitas UHAMKA, Emaridial Ulza, S.E., M.A., mengatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini di UHAMKA wajib menggandeng Persyarikatan Muhammadiyah. Sehingga, kegiatan ini merupakan hal yang positif untuk kemajuan dan perkembangan Muhammadiyah.

Dalam acara tersebut, Ketua pelaksana kegiatan sekaligus narasumber, Bapak Arif Widodo Nugroho, S.E., M.M., menyampaikan penting guru untuk menulis artikel ilmiah dan mempublishnya ke jurnal.

“Selain memiliki manfaat bagi guru dalam menularkan hasil penelitian dan analisanya guna menyumbang kemajuan informasi di bidang Pendidikan, menulis artikel ilmiah juga berguna untuk meningkatkan karir dan profesionalnya” Jelas Dodo panggilan akrabnya.

Acara Webinar tersebut mendapatkan sambutan yang sangat baik dari peserta dengan antusiasme dalam sesi tanya jawab. Kedepan acara pelatihan penulisan artikel ilmiah seperti ini harus lebih ditingkatkan dalam rangka meningkatkan kemampuan profesionalisme guru serta memperbaiki kualitas pembelajaran yang disampaikan.

Comment