Seputar Kita

Rabu 21 Juli 2021 | 15:00 WIB

Laporan: Arifai

Idul Adha 1442 H, SMK dan SMA PGRI 109 Tangerang Sembelih 2 Ekor Sapi

SMK dan SMA PGRI 109 Tangerang Sembelih 2 Ekor Sapi

Vision.co.id - SMK dan SMA PGRI 109 Tangerang rayakan Idul Adha 1442H dengan cara berkurban dan menyembelih 2 ekor Sapi untuk dibagikan kepada siswa/i, guru, staf, dan masyarakat lingkungan sekolah. (Rabu, 21/7/2021)

Penyemblihan hewan yang dilakukan pada 21 Juli 2021 dilaksanakan satu hari setelah hari raya seperti halnya yang dilakukan di Sekolah SMA dan SMK PGRI 109 Tangerang. Kepala Sekolah SMA PGRI 109 Erriani Setyati, S.Pd.,M.M. mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap tahun. “Alhamdulillah Idul Adha tahun ini sekolah PGRI baik SMA dan SMK selalu solid dan komitmen untuk selalu meng-agendakan acara kurban disetiap tahunya” pungkasnya

Drs. Waryono,. M.M selaku Kepala SMK PGRI 109 pun menyampaikan bahwa hal ini akan terus kita lakukan di setiap tahunya sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT. dan merupakan wujud kepedulian kita kepada sesama terutama lingkungan sekitar” pungkasnya.

Untuk tahun ini Alhamdulillah SMA dan SMK mampu berkurban 2 ekor sapi, mudah-mudahan tahun depan sekolah kita bisa berkurban lebih banyak lagi” Imbuhnya.

“2 ekor Sapi rencananya akan dibagikan kepada siswa/I sekolah SMK mapun SMK terutama yang yatim” kata Supriyadi selaku kesiswaan SMA

Adi Wijaya yang akrab dengan sebutan pak Adi selaku kesiswaan SMK pun menambahkan bahwa daging kurban selain dibagikan kepada siswa/i yatim, panitia pun membagikan kepada seluruh guru dan staf sekolah ini. Selain itu kami selaku panitia akan membagikan daging kurban ini ke warga lingkungan sekolah yang sekiranya berhak untuk menerimanya” imbuhnya.

Berkurban dapat dilakukan dengan membeli hewan ternak secara pribadi atau berkelompok lalu menyembelihnya dan daging kurban dapat dibagikan kepada orang yang membutuhkan di lingkungan sekitar.

Erriani Setyati, S.Pd.,M.M dan Drs. Waryono,. M.M  selaku kepala SMA dan SMK PGRI 109 Tangerang berharap pada momen Idul Adha kali ini selain dapat membagi kebahagiaan ini tentunya menjadi moment kebersamaan antara guru, staf, para siswa dan masyarakat lingkungan sekolah untuk dapat lebih dekat serta mempererat tali silatirahmi.

“Saya mewakili sekolah SMA dan SMK PGRI 109 Tangerang mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1442 H, saya berharap dengan moment seperti ini hubungan antara sekolah dan masyarakat dapat terjalin lebih baik lagi, dan yang terpenting dapat sama-sama merasakan kebahagiaan di hari raya ini,” ungkap Drs. Waryono,. M.M

Perintah kurban sendiri sudah tercantum dalam Alquran di surat Al-Kautsar ayat 2 dan surat Al-Hajj ayat 34-35. “Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah,” terjemahan surat Al-Kautsar ayat 2. Dan Allah memberikan beberapa keutamaan bagi siapapun yang berkurban, diantaranya adalah ampunan. Berkurban juga dapat menyucikan dan membersihkan harta dan rezeki yang telah diperolehnya, di samping menjadi salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan. Dengan demikian, yang berkurban akan dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan ketakwaannya.

Comment