Opini

Sabtu 03 Juli 2021 | 19:02 WIB

Laporan: Nurfadilla Febriana

Keuntungan dan Kelemahan Game online

Nurfadilla Febriana. Mahasiswi S1 Akuntansi Universitas Pamulang

Dengan adanya Virus COVID-19 ini pasti kalian lebih banyak dirumah dibandingkan keluar rumah dengan keadaan yang seperti ini. Jika kalian dirumah pasti kalian lebih sering bermain gadget dirumah dan digunakan untuk beberapa hal, seperti bekerja dirumah, belajar dirumah, dan tak lupa untuk bermain Game Online.

Siapa yang tidak tau dan tidak pernah memainkan game online?

Game Online, berasal dari bahasa Inggris Game yang berarti Permainan dan Online yang terdiri dari kata On dan line dimana on artinya hidup dan line artinya saluran sehingga online mempunyai arti sebagai saluran yang mempunyai sambungan. Jadi, berdasarkan penjabaran di Game dan Online tadi dapat di ambil pengertian bahwa game online merupakan suatu permainan yang dapat dilakukan melalui sakran atau sambungan yang menggunakan sinyal atau jaringan internet. Sinyal yang di maksud disini adalah suatu hubungan atau sambungan yang memungkinkan untuk saling berhubungan antara suatu server ke server jaringan atau sinyal

Game online sangat berkembang pesat akhir-akhir ini, semakin lama, permainannya semakin menyenangkan. Mulai dari tampilan, gaya bermain, grafis permainan, resolusi gambar dan lain sebagainya. Tak kalah juga bervarisasinya tipe permainan seperti permainan perang, petualangan, perkelahian dan game online jenis lainnya yang membuat menariknya permainan. Semakin menarik suatu permainan, semakin banyak orang yang memainkan game online tersebut.Cara bermain game online ini sangat berbeda dengan permainan tradisional yang lebih banyak mengandalkan  tenaga untuk memainkannya. Game online ini justru cenderung menggunakan kemampuan otak untuk berpikir, serta kelincahan tangan terutama jari-jemari dalam mengotak-atik permainan.

Kebanyakan dari masyarakat pasti menilai game online berdampak negatif. Namun jika kita lebih kritis lagi, ternyata game online juga memiliki dampak positif. Berikut ini adalah beberapa dampak positif game online:

1. Hiburan. Dengan memanfaatkan sebuah permainan bisa untuk mencoba mengurangi stress akibat aktivitas yang telah kita lalui atau untuk menghilangkan kebosanan karena kegiatan yang itu-itu saja.

2. Ajang menambah kawan. Dengan bermain game online bisa menambah teman di dunia maya. Saling tegur sapa dan bisa untuk menjalin tali silaturahmi misalnya tukeran link facebook, twitter, dan lainnya. Walaupun itu lawan di game online, namun nantinya bisa jadi kawan.

3. Sarana Penghasilan. Ternyata hanya dengan duduk dan bermain game online dapat menghasilkan uang. Contohnya dalam game online para pemain dapat menjual karakter yang telah dimainkan ataupun item-item yang diperlukan pemain lain. Setelah sepakat, nanti akan langsung dilakukan transaksi pembayaran.

4. Membuka lapangan pekerjaan. Dari tahun per tahun penggemar game online selalu meningkat. Otomatis penyedia game online atau warnet game online semakin banyak. Dengan demikian lapangan kerja baru tercipta.

5. Bisa untuk ajang melatih konsentrasi. Misalnya saja dalam game-game online dengan genre action, dibutuhkan konsentrasi saat menembak, sembunyi ataupun lari. Mereka juga akan lebih fokus dalam mengahadapi misi-misi dalam game tersebut. Hal itu membuat para pemainnya memiliki pola pikir untuk segera dan dapat menyelesaikan tugas atau misi yang ada.

Tentu kita juga harus mengingat dampak negatif bermain game online secara berlebihan. Konsumsi game online yang terlalu berlebihan dapat berdampak negatif pada anak di antaranya adalah malas melakukan aktifitas lain, kurang bersosialisasi dengan masyarakat, melupakan orang terdekat disekitarnya, gangguan pada mata, keluarnya kata kasar, dan sebagainya. Seorang gamer yang sukses adalah yang bisa disiplin, termasuk dalam waktu bermain. Tentukan waktu bermainmu sehari-hari dan terus patuhi, jangan bermain di luar jam tersebut sekalipun karena berpotensi membuat kamu merasa bisa memaklumi peraturan yang kamu buat sendiri. Cobalah tegas dengan dirimu sendiri.

Kamu bisa menghabiskan waktu untuk bermain game di atas pukul 20.00, misalnya, ketika semua urusan tugas kuliah sudah selesai, ketika kamu sudah selesai bekerja atau sampai di rumah setelah pulang kantor. Pada waktu tersebut, kamu masih bisa main 2 jam atau 3 jam. Sebagai orang yang beranjak dewasa, tidur 6 jam saja sebenarnya sudah cukup untuk tubuh kita. Jadi intinya, jangan bermain game sampai berjam-jam akhirnya lupa tidur!

*) Semua ini tulisan tanggung jawab penulis

*) Penulis adalah Mahasiswi S1 Akuntansi Universitas Pamulang

Comment