Pendidikan

Rabu 16 Juni 2021 | 19:17 WIB

Laporan: Daan

Mahasiswa Hukum Universitas Pamulang Berikan Pemahaman Upaya Penanggulangan Penyalahgunaan Media Sosial Remaja di Yayasan Yos Sudarso

Tim PKM Mahasiswa Hukum Unpam

Dewasa ini kemajuan teknologi semakin pesat, perkembangan teknologi sendiri memang sangat diperlukan salah satunya guna mempermudah dalam berkmunikasi. Hampir semua kalangan masyarakat memiliki media sosial untuk mempermudahnya dalam berkomunikasi jarak jauh maupun dekat. Namun, tak jarang masyarakat yang kurang memahami serta menyalahgunakan dalam penggunaan media sosial. Maka dari itu, kami selaku mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang, memberikan pemahaman mengenai penggunaan media sosial terlebih pada remaja dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) merupakan kegiatan akademika dalam mengambil dan membudayakan ilmu pengetahuan serta teknologi untuk memajukan dan mencerdaskan masyarakat. Kemudian dari itu, hal tersebut atas dasar tujuan mulia dan sebagai bentuk pengaplikasian tri dharma perguruan tinggi, mahasiswa fakultas hukum universitas pamulang antara lain, Jihan Hijriah, Sunasi, Suardiman Matondang, Yenrice Asfreeda Sormin, dan Heni Rahmawati sebagai penyelenggara pengabdian kepada masyarakat yang bertema “Indikasi Penggunaan Media Sosial Terhadap Remaja Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik” yang diselenggarakan pada Sabtu, 5 Juni 2021 di Yayasan Yos Sudarso yang terletak di jl. Lapangan Tembak No. 25 A Komplek Marinir Cilandak, RT.11/RW.5, Ciladak Timur, Kec. Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini disambut baik oleh pengurus yayasan serta peserta kegiatan, tak sedikit pula peserta yang bertanya mengenai penggunaan media sosial yang baik serta bagaimana dampak negatif dalam penyalahgunaan media sosial.

“Media sosial sangat berpengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dalam pendidikan maupun hubungan sosial lainnya. Tak sedikit remaja yang tidak memahami bagaimana penggunaan sosial yang baik, bahkan tak sedikit pula yang terkena dampak media sosial seperti bullying hal tersebut jelas telah melawan hukum yang ada” ujar Yenrice

Yenrice juga memaparkan bahwasannya generasi milenial selaku penerus bangsa harus pandai memilah mana baik dan tidak, serta tidak mudah percaya mengenai berita simpang siur yang beredar di media sosial, terlebih tidak menyebarluaskan berita yang masih dipertanyakan kebenarannya.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan 13.00 WIB, dengan rangkaian kegiatan pemberian edukasi, games, serta cinderamata berupa plakat dan sembako untuk Yayasan Yos Sudarso.

Comment