Pendidikan

Jumat 11 Juni 2021 | 07:47 WIB

Laporan: Daan

Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm) Dengan Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur (Amkt Enggang Jakarta) Dalam Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Korban Human Trafficking Dalam Perspektif Ham

Tim PKM Mahasiswa Hukum Unpam

Salah satu permasalahan terkait HAM di Indonesia adalah tindak pidana perdagangan orang yang merupakan bentuk perekrutan, pengiriman, pemindahan, penampungan atau penerimaan seseorang, dengan ancaman atau penggunaan kekerasan, untuk  memberi atau menerima pembayaran atau memperoleh keuntungan agar dapat memperoleh persetujuan dari seseorang yang berkuasa atas orang lain, untuk tujuan eksploitasi.

Laporan International Organization for Migration (IOM) menyebutkan, jumlah korban human trafficking di Indonesia antara 2005-2017 mencapai 8876 orang. Korban perempuan tetap menduduki peringkat paling besar yang mengalami perdagangan manusia. Korban anak-anak di bawah umur mencapai 15%.

Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa Universitas Pamulang Menyampaikan bahwa  Praktek human trafficking telah memasuki berbagai daerah di indonesia, Daerah Jawa Barat menempati posisi teratas sebagai daerah yang mengalami human trafficking pada 2015, dengan jumlah korban mencapai 2151 orang. Posisi ke dua ditempati Jawa Tengah dengan jumlah korban 909 orang. Kalimantan berada di posisi ke tiga dengan jumlah korban 732 orang. Pemerintah juga telah menetapkan lima daerah yang masuk kategori zona merah human trafficking. Kelima daerah tersebut antara lain NTT, NTB, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Pada akhir 2017, NTT menempati posisi atas sebagai daerah yang mengalami human trafficking.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya human trafficking ini, salah satunya yaitu ketidaktahuan masyarakat akan perdagangan manusia, masyarakat  berpendidikan dan berpengetahuan terbatas,

Tak lupa juga  Para mahasiswa universitas pamulang  mengajak para perserta dan / atau masyarakat untuk ikut serta  berperan aktif  dalam menanggulangi bersama permasalahan Human Trafficking yaitu dengan cara  mengadakan penyuluhan dan sosialisasi masalah kepada masyarakat di sekitar lingkungan.

Pengabdian Terhadap Masyarakat (PKM), dilaksanakan oleh Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang (UNPAM) tepat nya pada 05 Juni 2021 di Asrama Mahasiswa Kalimantan Timur (AMKT ENGGANG JAKARTA) yang beralamat di Jalan R1 No.2 RT.004 RW. 011 Kel. Kebon Baru Kec. Tebet, Jakarta Selatan, 12830. Merupakan salah satu bentuk pencegahan dan upaya penanggulangan permasalahan human trafficing diharapkan dengan di adakannya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dapat memberi wawasan serta manfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan kewaspadaan akan Human Trafficking.

Comment