Pendidikan

Rabu 09 Juni 2021 | 15:16 WIB

Laporan: Daan

Mahasiswa Fakultas Hukum Unpam Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Kantor Desa Kayu Agung Kecamatan Sepatan Tangerang Banten

Photo Bersama Perangkat Desa dan Mahasiswa

Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang (UNPAM) khususnya Prodi Hukum dipimpin oleh Dr. Taufik kurrohman SH.I., MH. bersama dosen pembimbing PKM Dadan Herdiana SH.MH. dan Tim PKM Mahasiswa yang terdiri dari Muhamad Aji Nasruddin sebagai Ketua Pengabdi, Muhamad Renaldi, Subtyana, I Nengah Hendrawan dan Indriyati masing-masing sebagai anggota dilaksanakan di Kantor Desa Kayu Agung. Kecamatan Sepatan. Tangerang Banten dengan tema “EDUKASI HUKUM KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 5 Juni 2021.

tema kegiatan tersebut dirasa cukup penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat mengingat saat ini banyak peristiwa kekerasan dalam rumah tangga yang merugikan korbannya terutama perempuan. Dalam kesempatan tersebut Muhammad Aji Nasruddin mengucapkan terimakasih kepada pihak desa kayu agung yang telah memfasilitasi kegiatan penyuluhan tersebut.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada warga desa kayu agung khususnya kepala desa kayu agung dan jajarannya yang telah menerima dan menyambut tim kami dengan baik sehingga kegiatan PKM ini terlaksana dengan baik dan lancar ". Ujarnya kepada visione.

Lebih lanjut lagi Aji menyampaikan kepada peserta yang hadir para warga Desa Kayu Agung setempat bahwa “Dengan adanya kami pada kegiatan ini dapat menambah wawasan tentang masalah KDRT kepada masyarakat khususnya warga desa kayu agung”. Tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Kayu Agung Bpk. Bahruddin yang diwakili oleh Bapak Bowo sebagai Wakil Kepala Desa Bidang Kesejahteraan Rakyat menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak UNPAM terutama para Mahasiswa yang telah mau berbagi ilmu pengetahuan kepada Masyarakat Desa Kayu Agung"

Saya atas nama Kepala Desa mengucapka rasa syukur dan terimakasih kepada Tim PKM Mahasiswa Unpam dibawah bimbingan Bapak Dadan, Alhamdulillah kami mendapatkan ilmu tambahan menganai masalah KDRT”  semoga kedepan ini masyarakat sadar atas hukum yang berlaku khususnya masalah kdrt tersebut dan edukasi yang telah di berikan oleh teman mahasiswa,” Imbuhnya.

Dadan Herdiana sebagai Dosen Pembimbing menjelaskan "penting sekali memahami KDRT ini terutama akibat hukumnya sehingga masyarakat sadar akan hukum yang berlaku dan mengnai edukasi yang telah kami arahkan untuk mencegah terjadinya KDRT pada warga desa kayu agung ini. Selain itu bagi korban jika memang masalah tersebut tidak dapat di selesaikan secara kekeluargaan maka bisa langsung melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang untuk mendapatkan perlindungan hukum dan terhindar dari masalah yang lebih parah lagi”. Pungkasnya.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diikuti para warga desa kayu agung ini bejalan dengan baik, hampir semua warga yang hadir menyimak dan mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan apa yang disampaikan pemateri, serta sesekali mereka bertepuk tangan yang menandakan mereka sangat gembira dan menikmati acara tersebut. Kegiatan PKM diakhiri dengan penyerahan bantuan dari mahasiswa berupa paket sembako kepada masyarakat yang hadir dan staff kelurahan.

Comment