Pendidikan

Selasa 08 Juni 2021 | 13:05 WIB

Laporan: Daan

Sejumlah Mahasiswa Universitas Pamulang Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Smk Tunas Media.

Tim PKM Mahasiswa Hukum Unpam

Dimasa Pandemi Covid-19 saat ini memberikan dampak dalam bidang apapun dan tidak menghalangi Mahasiswa Fakultas Ilmu Hukum di Universitas Pamulang untuk melakukan PKM yang bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa atau siswi tentang perlindungan hukum bullying yang semakin ragam kasusnya dan setiap tahun ada laporan tentang hal tersebut.

Di adakannya kegiatan PKM ini di awali dengan sambutan hangat dari Dosen Pembimbing oleh Ibu Nurhayati S.H, M.H dan sambutan dari Perwakilan SMK TUNAS MEDIA oleh Bapak Muhajirin Syamsu M.Kom. Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Evan Juliyadi selaku pemateri dan anggota lainnya yaitu Elsa Sulistiarini, Elsa Anzalika, Ghina Rahmatina Fakhirah, dan Jihan Sudrajat.

Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada Negara. Setelah itu, kita membaca doa di pimpin oleh Jihan Sudrajat dengan khidmat. Setelah selesai, acara puncak ini dimulai oleh Evan Juliyadi selaku pemateri, beliau juga menerima pertanyaan atau saran  dan kritik kepada peserta PKM yang menyangkut tentang bullying yang terjadi di Indonesia.

Dengan kesimpulan akhir dari materi Bullying khususnya ditingkat sekolah yaitu bahwa bullying adalah bentuk tindakan atau perilaku negatif, agresif seperti mengganggu, menyakiti atau melecehkan yang dilakukan secara sadar, sengaja dengan cara berulang-ulang oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menyebabkan ketidaksenangan atau menyakiti orang lain secara berulang kali. Dan bullying ini sifatnya mengganggu orang lain karna dampak dari perilaku negatif yang kini sedang popular dikalangan masyarakat ini adalah ketidaknyamanan orang lain atau korban bullying.

Mereka cenderung mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari orang tua. Sehingga mereka mencontoh apa yang mereka lihat dari orang tua. Faktor teman sebaya juga memiliki peran yang besar sebagai penyebab bullying karena sebagian besar waktu yang mereka miliki dihabiskan bersama teman-temannya.Lingkungan pergaulan pelaku bullying memiliki peran penting dalam tindakan bullying yang ia lakukan, karena pelaku cenderung mengikuti apa yang dilakukan teman-temannya yang digambarkan dari contoh kasus Bullying di Cilacap yang dimana Empat anak pelaku perundungan terhadap anak lainnya di Cilacap, Jawa Tengah, akhirnya menjadi tersangka. sebuah video perundungan terhadap seorang anak perempuan beredar luas di media sosial. Dalam unggahan video di akun Instagram @cetul22 tersebut tampak beberapa perempuan melakukan kekerasan fisik terhadap seorang anak hingga menangis. Salah satu pelaku juga terlihat menjambak rambut anak itu. Ia tak menghiraukan korban yang telah menangis tersedu-sedu terduduk di tanah.

Acara tersebut berjalan dengan lancar, seru dan kondusif sehingga kami merasa seperti saudara bagi peserta PKM. Banyak mereka yang bertanya dan ada pun yang memiliki saran atau kritik tentang Bullying tersebut. PKM ini dilaksanakan 3 hari dimulai dengan tanggal 3 Juni-5 Juni 2021 dan tetap mematuhi protokol keseharan yang ada yaitu 3 M.

Semoga dengan adanya PKM di SMK TUNAS MEDIA kami memberikan pembelajaran dan manfaat untuk dapat di sebarluaskan ke lingkungan sekitar agar tidak terjadinya Bullying atau Kenakalan Remaja lainnya.

Comment