Pendidikan

Selasa 01 Juni 2021 | 07:16 WIB

Laporan: Daan

Mahasiswa Fakultas Hukum Gelar Penyuluhan Hukum Kepada Masyarakat

Photo Bersama Mahasiswa Pengabdi

Pandemic COVID-19 membuat pergerakan masyarakat yang di batasi melalui pembatasan berskala besar (PSBB) , meskipun begitu proses pelaksanaan pegabdian dalam masyarakat tetap kami laksanaakan yang tentu saja tetap dengan standar kesehatan dan protocol kesehatan yang berlaku seperti tetap menggunakan masker , saling berjarak , mencuci tangan dan mengurangi kerumunan dengan menentukan peserta pengabdian masyarakat agar tidak menimbulkan terjadinya penyebaran virus COVID-19 . Berbagai upaya bagaimana caranya agar dosen yang memiliki kewajiban atas Tridharma Perguruan Tinggi yang dalam hal ini adalah PKM, tetap dapat terlaksana kewajibannya yang melekat dalam diri setiap dosen atas PKM ini, tentu tanpa melupakan aspek kualitas dan kebermanfaatannya.

Kegiatan PKM ini diselenggarakan pada tanggal 25-27 Mei 2021 dengan mengangkat tema “ Perjanjian pinjam-meminjam uang yang batal demi hukum “. Adapun objek PKM kali ini Menyasar remaja karang taruna Karya Bhakti di Jl Abdul Rochim RW.05 Kelurahan Bojong Baru , Kecamatan Bojongsari Kota Depok.Berbagai macam persiapan dilakukan dengan matang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi baik dalam aspek substansi dan juga materi.

Kami selaku mahasiswa Univesitas Pamulang yang menyusun acara kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  yang di ketuai oleh saudara Sulton Ghani , Morderator saudari Hani dalilah , pemateri Saudara Muhammad Dhahir dan seksi pembatu serta snack yaitu Bilqis devita telah memepersiapakan pelaksanaan kegiatan PKM ini dengan sebaik mungkin . Dalam acara Pengabdian  Kepada Mayarakat ini ketua RW Karang Taruna Karya Bhakti Bapak Sarmili  memberi sambutan kepada masyarakat peseta PKM di lanjutkan sambutan dari Ibu Nurhayati.S.H.,M.H. selaku dosen pembimbing akademik PKM kemahasiswaan memberikan sambutan “Hendaknya kita harus tetap semangat dan jangan menyerah pada keadaan, memberikan kontribusi nyata merupakan kewajiban kita para akademisi untuk mencerdaskan anak bangsa dalam berbagai kondisi seperti apapun”. Di lanjutkan dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air di dalam diri peserta PKM , setelah selesai acara puncak di mulai dan pemateri Saudara Muhammad Dhahir pun mengajukan pertanyaan dan mempersilahkan peserta untuk mengajukan pertanyaan mengangkut tema yang di bawakan pemateri . peserta PKM  pun menyediakan hadiah khusus untuk masyarakat yang aktif untuk  peserta PKM hal ini agar peserta PKM tetap antusias mengikuti kegiatan PKM sampai selesai

Acara tersebut berjalan dengan sangat dinamis dan kondusif, memberikan pencerahan yang aplikatif dan konkrit  kepada seluruh peserta PKM. Banyak dari mereka bertanya dengan sangat aktif, mengingat latar belakang Hukum Pinjam-Meminjam yang kurang memahami aspek hukum. Ini menjadi momen yang pas dimana seluruh peserta memanfaatkan pemaparan dari narasumber yang kompeten sebagai dosen. Dengan narasumber akademisi dan praktisi memberikan khazanah keilmuan yang luas menciptakan rasa penasaran yang tinggi dari peserta untuk meningkatkan ilmu dan wawasannya seputar Ilmu Hukum pada aspek hak warga negara atas bantuan hukum yang memang ini dijamin oleh Konstitusi.

Semoga dengan terselenggaranya kegiatan tersebut memberikan manfaat yang luas bagi peserta PKM dan ilmu yang didapat dari kegiatan ini untuk dapat disebarluaskan ke keluarga dan kerabat terdekat masing-masing peserta. Manfaat yang diterima baik secara teori dan praktis mampu menumbuhkan kesadaran hukum terkait hak kita semua sebagai warga negara untuk hidup merdeka dengan rasa aman dan tentram. Tidak ada gading yang tidak retak, tentu masih banyak kekurangan dalam kegiatan PKM ini, namun diharapkan semoga kebermanfaatan ini mampu memberi semangat baru dan rasa senang hati di tengah pandemik COVID-19.

Comment