Pendidikan

Kamis 25 Juni 2020 | 09:55 WIB

Laporan: Abdul

TEKNIK INFORMATIKA UNPAM SELENGGARAKAN WEBINAR RESEARCH COLLABORATION MACHINE LEARNING FOR MATERIALS SCIENCE

Webinar Teknik Informatika Universitas Pamulang Tangerang Selatan (Foto/Banner)

Visione, Tangsel - Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang (UNPAM) Tangerang Selatan telah sukses menggelar Webinar Nasional pada hari rabu tanggal 24 Juni 2020 dengan tema “Research Collaboration Machine Learning For Materials Science” . Webinar Nasional yang disiarkan melalui aplikasi zoom meeting maupun channel youtube ini telah diikuti oleh lebih dari 2000 peserta dari berbagai kalangan baik praktisi, akademisi maupun mahasiswa.

Webinar Nasional ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Pamulang Dr. H. Dayat Hidayat, M.M dan dimoderatori oleh Dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang Rinna Rachmatika, S.Kom., M.Kom. Hadir sebagai narasumber pertama yaitu Achmad Udin Zailani, S.Kom., M.Kom. (Dosen Teknik Informatika Universitas Pamulang) dan Narasumber kedua yaitu Muhammad Hilmy Alfaruqi, S.T. (B.Eng)., M.Eng.,PhD. (Research Assistant, School of Materials Science and Engineering, Chonnam National University, Rep. Of Korea).

Dalam Webinar tersebut Rektor Universitas Pamulang Dr. H. Dayat Hidayat, M.M dalam sambutannya menjelaskan bahwa tema yang diangkat dalam webinar ini sangat tepat sekali karena ke depan riset tidak dapat tunggal satu ilmu namun juga harus berkolaborasi dengan ilmu lainnya sehingga melahirkan temuan dari berbagai sudut pandangan. Sehingga sangat mungkin untuk melakukan kolaborasi riset baik di dalam maupun di luar kampus seperti pemerintah, perusahaan atau perguruan tinggi lain.

"Riset kedepannya tidak dapat tunggal satu ilmu tetapi harus kolaborasi, kedepan itu menjadi tuntutan dan kebutuhan karena berbagai aktivitas keilmuan sekarang itu multi dan saling berhubungan sehingga melahirkan temuan-temuan dari berbagai sudut pandangan. Sekarang ini telah dibuka penghargaan bagi mahasiswa yang melakukan riset dan di publish dalam jurnal yang dapat disetarakan dengan skripsi, sehingga sangat mungkin untuk dilakukan kolaborasi riset baik mahasiswa dengan dosen, riset diluar Prodi bahkan diluar kampus seperti pemerintah, perusahaan atau dengan perguruan tinggi lain". jelasnya (Rabu, 24/06/2020).

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Pamulang Syaiful Bakhri, S.T., M.Eng.SC., Ph.D dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Webinar ini sangat penting sekali karena mesin learning tidak berdiri sendiri tetap memerlukan objek sehingga memerlukan kolaborasi dengan ilmu lain agar dapat memberikan dampak yang luar biasa sehingga tidak akan kehabisan ide riset kedepannya.

"Mesin learning ini tentu tidak berdiri sendiri tetap memerlukan objek, inilah sebenarnya kelebihan dari temen-temen informatika. saya berharap teman-teman informatika bisa berkolaborasi dengan seluruh Prodi sebenarnya yang ada di fakultas teknik bahkan di luar fakultas teknik seperti manajemen, ekonomi, hukum dan sebagainya. Apabila ini dapat dikolaborasikan saya pikir dampaknya sangat luar biasa kita tidak akan kehabisan ide untuk riset kedepannya". ungkapnya (Rabu, 24/06/2020).

Pada kesempatan yang sama KaProdi Teknik Informatika Universitas Pamulang Dr. Ir. Sewaka, M.M mengatakan bahwa Webinar ini dilakukan bertujuan untuk bagaimana menggunakan ilmu Artificial Intelligence (AI) dalam rangka menggabungkan dengan ilmu-ilmu lain salah satunya bidang material science.

 "tentunya pada kesempatan ini seminar ini bertujuan untuk bagaimana kita menggunakan ilmu AI dalam rangka kita mencoba mencari area bagi teman-teman kita untuk melakukan atau memanfaatkan ilmu tersebut untuk join dengan ilmu-ilmu lain salah satunya bahwa pada kesempatan hari ini kita dengan bidang material science." katanya (Rabu, 24/06/2020).

Dikesempatan berbeda, ketua panitia Webinar Teknik Informatika UNPAM Maulana Ardhiansyah, S.Kom, M.Kom saat dihubungi visione melalui aplikasi whatsapp menjelaskan bahwa kegiatan Webinar ini merupakan rangkaian dari kagiatan yang rutin diadakan oleh Prodi Teknik Informatika UNPAM di setiap semester selain kegiatan Workshop yang beberapa hari lalu telah sukses dilakukan. Prodi Teknik Informatika UNPAM  akan melakukan kegiatan Webinar ke dua yang akan diselenggarakan pada tanggal 4 Juli mendatang.

“Kegiatan Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan yang memang rutin diadakan oleh Prodi Teknik Informatika Unpam setelah beberapa hari lalu kami telah sukses menyelenggarakan Workshop. Setelah Webinar ini kami selaku panitia akan dan sedang mempersiapkan Webinar ke dua yaitu pada tanggal 4 Juli mendatang dengan tema yang berbeda, tentu dari rumah masing-masing mengingat saat ini masih dalam masa pandemi covid 19”. pungkasnya.

Seperti diketahui bahwa Webinar merupakan seminar yang dilakukan secara daring dari rumah masing-masing sebagai alternatif kegiatan dimasa pendemi covid 19 sesuai intruksi pemerintah mengenai kerja dan belajar dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona.  (AH)

Comment