Pendidikan

Rabu 16 Oktober 2019 | 13:02 WIB

Laporan: Herdiana

Tingkatkan Kemampuan Pembukuan, Dosen Akutansi Unpam Lakukan Penyuluhan dan Pendampingan Berkelanjutan di Sekolah Little Bee House

Tim PKM Dosen Akutansi S1 Unpam

Salah satu kewajiban bagi dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Untuk itu tim dosen dari Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang mengadakan kegiatan pengabdiannya untuk memberikan solusi dengan menggunakan metode penyuluhan dan pendampingan dengan tema ”Menuju Pembukuan Secara Akuntabel dan Konsisten” di Little Bee House (LBH) Pamulang.

Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut dilaksanakan pada tanggal 13-15 Oktober 2019 dan mendapat sambutan baik dari Kepala Sekolah Little Bee House (LBH) dan para orang tua yang terlibat dalam kepengurusan Komite/POMG (Persatuan Orang Tua Murid dan Guru). Tema tersebut dirasa sangat penting bagi pihak pengurus, dimana para pengurus merupakan para ibu jaman now dan energik dalam mengatur organisasi tersebut yang butuh mentor yang mumpuni.

Listya Sugiyarti, S.E., M.M., CFA, selaku ketua PKM kepada Visione mengatakan bahwa kegiatan ini selain diadakan di indoor juga dilakukan di lokasi outdoor dengan tujuan agar dapat menyerap ilmunya lebih cepat dan memiliki semangat yang lebih dan antara tim dosen dan tim orang tua di POMG lebih mempererat silaturahmi. “ Pembukuan yang mereka terapkan selama ini masih secara manual dan rata-rata pendidikan pengurus POMG adalah level strata 1, ini membuktikan bahwa mereka butuh mentor yang berkelanjutan”. Ujarnya Kepada Visone (Selasa, 15/10/2019). “Respon para peserta sangat baik dan senang karena sangat terbantu dalam pembelajaran tentang mengatur dokumentasi dan pencatatan pembukuan keuangan secara akuntabel”. Tambahnya.

Di saat yang sama Ibu Chairiah Hayatun Nufus, S.Pd selaku kepala sekolah mengatakan dengan adanya tim PKM dari Universitas Pamulang, pengurus POMG/Komite terbantu dan saat ini memiliki mentor dalam hal pembukuan di kepengurusan. “ Kami sangat terbantu dengan adanya penyuluhan dari dosen-dosen Unpam. dan kami berharap PKM ini dapat berkelanjutan dan didampingi dalam hal mengatur dokumentasi dan pencatatan pembukuan, butuh kesadaran diri karena pengurus POMG tersebut merupakan voluntary dari beberapa orang tua murid yang bergabung”. Pungkasnya kepada Visone

Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh pengurus POMG/Komite dan para orang tua. Metode dan hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu pendampingan dalam hal membekali pengurus POMG untuk bagaimana caranya mendokumentasikan kegiatan yang sudah dilakukan, membuat SOP. Narasumber dan Pengabdi mendampingi dalam hal pengolahan keuangan terhadap pemasukan dan pengeluaran. Pengurus selama ini melakukan pembukuan menggunakan buku dengan tulisan tangan, sehingga narasumber dan pengabdi mengarahkan dapat menggunakan ms. excel atau aplikasi di playstore.

Dengan penyuluhan dan pendampingan sepert ini, mereka merasa bermanfaat dan memiliki mentor yang mumpuni sehingga berharap pengabdian kepada masyarakat ini berkelanjutan agar kepengurusan POMG/Komite di Little Bee House (LBH) dapat lebih baik lagi kedepannya.

Comment