Nasional

Minggu 23 Februari 2020 | 12:46 WIB

Laporan: munawar

Menyikapi Era Digital, Humas Kementerian ATR/BPN Tingkatkan Peran Strategis

Kepala Biro Humas ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati

Visione - Fungsi humas ATR/BPN adalah bagaimana menjalin relasi dengan lembaga lain dan masyarakat luas. Pengelolaan humas ATR/BPN akan berpengaruh pada tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pertanahan. Karena itu, Humas ATR/BPN terus meningkatkan peran strategisnya. Demikian disampaikan Kepala Biro Humas ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati dalam kesempatan wawancara di ruang kerjanya (Kamis, 20/02/2020)

Yulia menjelaskan, Salah satu peran strategis humas adalah pemberitaan. pemberitaan berfungsi untuk mengekspose berbagai hal yang terkait dengan layanan dan program Kementerian ATR/BPN kepada masyarakat secara luas. capaiannya adalah sejauhmana informasi tersebut di ketahui oleh masyarakat luas.

“Di era digital, kinerja humas dihadapkan pada sebuah tantangan besar yaitu perubahan masyarakat dalam hal pelayanan publik. masyarakat dengan mobilitas yang sangat tinggi menuntut pelayanan yang mudah dan cepat”. tuturnya

“pada era ini, masyarakat bisa dimana saja dan kapan saja mengakses informasi, masyarakat mempunyai banyak cara dan saluran dalam mencari dan menerima informasi”. ucapnya

Yulia menambahkan, Selain pemberitaan, peran strategis humas ATR/BPN adalah bagaimana penanganan kritik dan pengaduan masyarakat. kritik dan pengaduan masyarakat dalam pelayanan publik merupakan sebuah keniscayaan yang harus ditangani dengan baik.

Disamping secara formal dan langsung, kritik dan pengaduan dapat dilakukan masyarakat melalui banyak saluran pada media sosial. Karena itu, kritik dan pengaduan masyarakat akan meningkat di era digital ini.

“Salah satu langkah yg diambil adalah dengan adanya layanan online media sosial dengan hastag  #tanyaatrbpn selanjutnya kita sedang merancang pengaduan yang masuk melalui satu pintu dengan mengidentifikasi jenis pengaduan, proses bisnis sekaligus merevisi permen nya”. tandasnya

Yulia berharap, dengan tuntutan yang besar, peran strategis humas ATR/BPN harus ditingkatkan terkait pemahaman tentang kehumasan. Di era digital, tantangan kinerja humas yang meningkat harus diimbangi kemampuan sumber daya manusia baik di tingkat pusat maupun daerah.

“Humas ATR/BPN harus terus melakukan langkah dan upaya baik substansi maupun teknis dalam rangka peningkatan kapasitas dan kualitas kinerja kehumasan”. Imbuhnya

Comment