Pendidikan
Jumat 02 Februari 2018 | 14:46 WIB
Laporan: ECO
Dewi Pudji Rahayu: Tugas Dosen Dampingi UMKM Naik Kelas
Tim Pengabdian Dosen FEB-UHAMKA
Jakarta—Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA diadakan di Jakarta. Kegiatan ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang marketing online dan pencatatan sehingga mendukung kegiatan usaha ibu-ibu yang tergabung dalam YTI. Acara tersebut dilakukan pada tanggal 20 untuk memberikan coaching untuk melakukan evaluasi dan monitoring.(Jakarta, 27/01/2018)
Dalam penyampaian Dewi Pudji Rahayu, selaku Dosen FEB-UHAMKA memberikan pemahaman ilmu tentang pembelajaran keuangan bagi UMKM. Bagi Dewi, industri kecil umumnya tidak memiliki pencatatan yang baik atas operasional dengan kegiatan usaha yang dilakukan. Ibu-ibu yang terkumpul dalam Yayasan Tugas Ibu (YTI) Tangerang adalah ibu-ibu yang mulai merintis usaha dari nol. Tapi dari ibu-ibu tersebut ada yang sudah memiliki usaha yang eksis, tapi ibu-ibu tersebut masih memiliki keterbatasan modal serta keterbatasan pengetahuan dalam mengelola keuangan maupun modal. Dan ibu-ibu tersebut juga masih menggunakan sistem pemasaran yang tradisional dan penggunaan onlinepun belum dilakukan dengan maksimal.
“Tugas kami sebagai dosen mendampingi UMKM naik kelas. Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta para pelaku UMKM yang tergabung di YTI maupun partner YTI yang telah memiliki usaha. Peserta sangat antusias dengan materi yang diberikan.” Jelasnya saat menyampaikan materi.”
Hal ini sama dengan dilakukan Deni Adha Akbari dalam menyampaikan materi marketing online bagi UMKM. Baginya, marketing online sangat diperlukan guna menopang aktivitas UMKM.
“Marketing online sangat penting bagi promosi UMKM, karena marketing sebagai ujung tombak usaha. Dimana digitalisasi marketing sudah layak dipakai bagi UMKM. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, menjadikan sebuah potensi untuk para pelaku usaha, termasuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Marketing online adalah perangkat yang sangat bermanfaat yang digunakan untuk mempromosikan produk dan jasa melalui internet. Maraknya toko online menjadi salah satu imbas dari maraknya pengguna media sosial, dan masyarakat perkotaan mulai mendapat manfaat yang besar dengan sistem ini, karena banyak efisiensi yang bisa dilakukan, baik efisiensi waktu maupun efisiensi biaya untuk memperoleh barang karena bila beli di pasar butuh waktu dan biaya yang relatif tinggi. ” Ujarnya saat memberikan materi.
Bagi Deni Coaching diharapkan lebih bisa dimengerti dan langsung dilaksanakan oleh peserta secara langsung, Monitoring dan evaluasi juga dilakukan untuk mengukur keefektifan coaching. Dan hasilnya peserta sangat antusias untuk mengerjakan penugasan dan mendengarkan evaluasi yang disampaikan pemateri.

Comment