Internasional

Minggu 04 Oktober 2020 | 13:56 WIB

Laporan: Ahmad

Testimoni Trump Setelah Terkena COVID-19

carapandang

VISIONE.CO.ID - Presiden AS Donald Trump mengatakan dalam sebuah video dari kamar rumah sakit pada Sabtu bahwa dia merasa "jauh lebih baik" dan berharap "segera pulih" setelah sehari muncul pesan-pesan yang kontradiktif dari Gedung Putih mengenai kondisinya menyusul diagnosisnya atas COVID-19.

Dalam video empat menit yang diunggah di Twitter, Trump, yang tampak letih dan mengenakan jaket dan kemeja leher terbuka, mengatakan dia "tak merasa begitu baik" ketika dia pertama tiba di Walter Reed National Military Medical Center dan bahwa beberapa hari mendatang akan menjadi genting dalam perjuangannya melawan virus corona.

"Dalam beberapa hari mendatang, saya kira inilah tes yang sebenarnya, jadi kami akan lihat apa yang terjadi pada dua hari ke depan." kata Trump, yang duduk di meja bundar di depan bendera Amerika.

Sapaan itu muncul beberapa jam setelah penilaian yang berbeda atas kesehatannya dari para pejabat pemerintahan yang membuat tak jelas seberapa parah kondisi presiden sejak dia dinyatakan positif terinfeksi corona pada Kamis malam. Tim dokter Gedung Putih mengatakan pada Sabtu pagi bahwa kondisi Trump membaik dan bahwa dia sudah berbicara tentang kembali ke Gedung Putih. Seorang dokter mengatakan Trump bilang kepada tim dokter "Saya merasa seperti saya dapat berjalan ke luar dari sini hari ini."

Dalam hitungan menit, kepala staf Gedung Putih Mark Meadows memberikan penilaian yang kurang cerah kepada wartawan dengan mengatakan, "Organ-organ vital presiden selama 24 jam terakhir sangat mengkhawatirkan dan 48 jam berikutnya akan jadi genting terkait perawatannya. Kami masih belum berada di jalur yang jelas menuju pemulihan sepenuhnya."

Meadows, yang komentar-komentar awalnya disampaikan tanpa menyebut identitasnya, mengubah nadanya beberapa jam kemudian, mengatakan kepada Reuters bahwa Trump sedang dalam kondisi "sangat baik" dan bahwa "para dokter sangat senang dengan tanda-tanda kondisinya."

TAG BERITA

Comment