Pendidikan

Minggu 30 Agustus 2020 | 05:31 WIB

Laporan: Daan

Peradin Banten dan Universitas Pamulang Gelar Pembukaan Pendidikan Profesi Advokat

Pembukaan PPA Peradin-Unpam

Ketua Umum BPP Peradin Dr. Firman Wijaya, SH., MH. membuka acara Pendidikan Profesi Advokat Angkatan ke 2 tahun 2020 yang dilaksanakan oleh BPW Peradin Banten bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas Pamulang.

Acara yang digelar pada hari sabtu tanggal 20 Agustus 2020 mengikutsertakan sebanyak 16 orang peserta. Pendidikan Advokat Peradin Banten dilaksanakan di Ruang Kelas Pasca Sarjana Universitas Pamulang yang berada di Lantai 3 Kampus 2 Universitas Pamulang, Jalan Raya Buaran, Tangerang Selatan.

Acara pembukaan PPA juga dihadiri oleh Jajaran Rektorat Universitas Pamulang yakni Ketua Yayasan Sasmita Jaya Dr. (HC) Drs H Darsono, Rektor Universitas Pamulang Dr. H Dayat Hidayat, MM, Wakil Rektor 2 Dr. Subarto, M.Pd, Wakil Rektor 3 Dr. Muhammad Wildan dan Wakil Rektor IV Dr. RR Dewi Anggraeni, SH., MH. serta Ketua Program Studi Magister Hukum Dr. Bachtiar ,SH, MH

Dalam sambutannya Ketua Yayasan Sasmita Jaya memberi pesan bahwa Profesi Advokat hendaknya mendahulukan membantu masyarakat yang kurang mampu agar membawa keberkahan dalam profesinya, dan berharap Advokat lulusan Peradin sejalan dengan Visi Misi Unpam yaitu memberikan akses pendidikan murah tapi berkualitas pada masyarakat yang kurang mampu.

Sementara Rektor Universitas Pamulang menegaskan bahwa kegiatan Pendidikan Profesi Advokat ini harus terus dilakukan secara berkelanjutan dikarenakan saat ini dunia kerja dan dunia profesi tidak hanya cukup berbekal ijazah saja melainkan juga harus memiliki sertifikat profesi. Rektor Unpam juga berharap bahwa kerjasama Peradin dengan Unpam bukan hanya diwujudkan dalam kegiatan PPA saja melainkan juga diwujudkan dalam bentuk kegiatan lain misalnya seminar hukum dan melakukan kajian bersama tentang persoalan hukum di masyarakat.

Dilain pihak Ketua Umum BPP Peradin dalam sambutannya sekaligus membuka acara PPA mengatakan bahwa sejatinya Peradin lahir sebagai organisasi advokat perjuangan, dimana Peradin selalu mengedepankan rasa kemanusiaan dalam menjalankan profesinya sehingga sejalan dengan visi misi Unpam yang membantu masyarakat marjinal. Ketua umum juga menegaskan komitmen tentang kerjasama Peradin dengan Unpam akan terus berlanjut dan berkesinambungan dan akan dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan.

Acara Pembukaan PPA Peradin Banten diawali dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Mars Peradin dan sambutan Ketua Pelaksana PPA Dr. Susanto, SH., MM., MH. dan diakhiri dengan pembacaan do’a oleh ustadz Abdul Aziz mahasiswa S2 Universitas Pamulang.

Setelah acara pembukaan selesai, semua peserta mulai mengikuti kegiatan PPA dengan materi pertama adalah Sejarah Organisasi Advokat yang disampaikan oleh Eddy Riswanto ,SH,MH,MM Ketua Bidang Organisasi dan SDM dilanjutkan dengan materi Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian perkara oleh Dr Bambang Santoso, SE., SH., MH. dan diakhiri dengan materi Hukum Acara Tata Usaha Negara disampaikan oleh Dr. Bambang Wiyono, SH., MH.

Kegiatan PPA Peradin Banten – Universitas Pamulang dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan covid-19.(DH)

Comment