Megapolitan

Senin 12 Agustus 2019 | 17:33 WIB

Laporan: Kak Deni

Lazismu UHAMKA Gelar Qurban Ramah Lingkungan

Lazismu UHAMKA menyelenggarakan Qurban Ramah Lingkungan

Jakarta, 12/08/2019--Memperingati hari raya Idul Adha 1440 H kali ini, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) melakukan pemotongan dan penyaluran secara serentak dilakukan satu hari setelah pelaksanaan sholat Idul Adha. Puncak prosesi dilaksanakan  pada tangga 12 Agustus 2019 dengan lokasi pemotongan 4 titik yaitu bertempat di Kampus B FKIP UHAMKA, Kelurahan kampung Rambutan, Pasar Rebo sebagai pusat pemotongan dan pendistribusian daging hewan kurban, Kampus Farmasi Klender JakartanTimur, Yayasan Cempaka Putih, Rempoa, Bintaro, Pesanggrahan. serta di kampus UM Bandung. Tak lupa distribusi kepada PC. Muhammadiyah Jasinga.

Kurban kali ini dapat dikatakan istimewa dikarenakan ramah lingkungan serta dapat berkerjasama dengan berbagai instansi lain seperti BNI Syariah, PP Urban, Era Teknik, Askrindo Induk, Askrindo Mitra Utama dan Askrindo  Syariah serta yang lainnya.

Pada kurban kali ini menargetkan 3000 Mustahiq, dengan sistem pembagian yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bekerjasama dan berkoordinasi dengan 20 RT (Rumah Tangga) untuk mendata penerima daging kurban,  lalu kemudian mendatangi rumah-rumah, sehingga warga tidak perlu antei berlama-lama di kampus untuk mengantri daging. Jelas Dr. Bunyamin, M.Pd.i  wakil rektor 4 UHAMKA dalam sambutannya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa kurban kali ini mengusung program Qurban Go Green, yaitu pemanfaatan besek yang terbuat dari bambu dengan alas daun pisang untuk menggantikan kantong plastik, besek yang berbahan dasar bambu tersebut tentu saja ramah lingkungan. Ini satu langkah positif dari kita, mudah-mudahan bisa menjadi contoh untuk orang lain, tambah beliau   

Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengkurban syar’i yang telah memberikan kepercayaan kepada UHAMKA, mengakhiri sambutannya.

Sambutan Direktur Lazismu UHAMKA Deni Nuryadi, M.Si, menyampaikan bahwa panitia telah mendistribusikan  3000 buah besek. Peningkatan jumlah penerima manfaat daging kurban kali ini seiring dengan meningkatnya jumlah hewan kurban yang diserahkan ke LAZISMU UHAMKA. Kerjasama dengan beberapa perusahaan eksternal  dapat dijadikan media atau wadah atau ajang kegiatan sosial bagi perusahaan disebut juga  CSR (Corporate Social Responsibility).

Sedangkan Amirudin, M.Pd.i selaku koordinator pelaksana kurban di kampus FKIP UHAMKA memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan lancar. 

Comment