Seputar Kita

Rabu 07 Agustus 2019 | 22:05 WIB

Laporan: edisie

FEB-UHAMKA Semarakan PKM Kewirausahaan Sosial di Jasinga Bogor

Acara Pembukaan PKM FEB-UHAMKA di Aula Desa Pamagersari Kecamatan Jasinga

Bogor--Perjalanan panjang mengitari rimbunnya pohon di jalanan menuju Kecamatan Jasinga. Pemandangan indah menyelimuti mahasiswa yang akan melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di kecamatan Jasinga. Hamparan lahan luas menjadikan mahasiswa dan warga mampu bergaul dengan alam sekitar.

Perkenalan diawali acara pembukaan yang dilakukan pihak kecamatan, Bappedalitbang Kabupaten Bogor dan Dekanat FEB-UHAMKA. Dalam sambutannya perwakilan Bappedalitbang Kabupaten Bogor menyampaikan antusias kepada pihak kampus yang telah mampu menyelenggarakan PKM ditahun lalu.

“Bagi saya acara PKM ini akan terus dimotivasi bagi keberlangsungan nuansa inovasi dan kreativitas warga Jasinga.” Kata Ajat R. Jatmika, Bidang Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor dalam sambutannya di Aula Desa Pamagersari. Rabu (07/08/2019).

Dalam sambutannya Camat Kecamatan Jasinga menyampaikan antusias kepada pihak kampus yang telah mampu menyelenggarakan PKM ditahun lalu.

“Saya senag dengan acara ini. PKM merupakan suatu proses pembelajaran kehidupan yang terencana dan ototidak. Ototidaknya terletak pada adaptasi karakteristik warga dan lingkungan sekitar yang mengharuskan kita untuk memahami kebudayaan dan dinamika warga. Hal ini yang akan dihadapi kita sebagai makhluk sosial selepas menjadi mahasiswa.” Imbuh Drs. H. Asep Aer Sukmaji,M.Si selaku Camat Jasinga.

Harapannya agar pelaksanaan PKM mulai dari pemberangkatan hingga pulang dapat berjalan lancar tanpa kendala, serta kegiatan yang dilakukan mahasiswa dapat mendongkrak potensi wilayah dan bermanfaat bagi peningkatan taraf ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Hal serupa juga disampaikan Nuryadi Wijiharjono, selaku Dekan FEB-UHAMKA. Menurutnya pemilihan PKM ini tepat yang dilakukan UHAMKA sebagai kampus yang konsen dalam visi sosial. FEB-UHAMKA setiap tahunnya menyelenggarakan PKM dengan beragam jenis dan klasifikasi kegiatan yang inovatif  sesuai capaian SDGs (Sustainable Development Goals) dibawah naungan Persatuan Bangsa-Bangsa dan terdaftar di PRME-Principles for Responsible Management Education.

FEB-UHAMKA menerjunkan mahasiswanya untuk mengikuti PKM reguler sekitar 800 mahasiswa yang terbagi ke beberapa desa, dari Koleang, Pangradin, Sipak, Pamagersari, Koleang, Curug, Neglasari, Setu, Cikopomayak hingga Bagoang.

“Bagi sebagian mahasiswa, PKM memiliki perspektif sosial humanistik. Sosial yang  dimaksud yakni berkaitan dengan kebermanfaatan langsung atas dirinya bagi masyarakat luas apabila mampu menggerakan serta mengamalkan ilmu yang diperolehnya selama di bangku kuliah. Sedangkan humanistik, mahasiswa sebagai pelaksana memiliki keutuhan secara kemanusiaan untuk berkolaborasi dengan masyarakat menyusuri persoalan yyang sedang terjadi.” Ujar Nuryadi panggilan akrabnya.

Nuryadi berharap kegiatan PKM tahun ini dapat memberikan mindset kepada mahasiswa agar dapat mengerti dan memahami kehidupan masyarakat, menumbuhkan jiwa kebersamaan bagi mahasiswa di tengah-tengah masyarakat, dan menanamkan jiwa kewirausahaan sosial. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat membantu dalam menyelesaikan sebagian persoalan dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Comment