Pendidikan

Senin 13 Mei 2019 | 17:13 WIB

Laporan: Ahmad

Dosen Dan Mahasiswa TI Unpam Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat Di Pesantren Tahfizd Nurul Qur'an Depok

photo bersama Dosen, Panitia dan Peserta

Visione - Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah salah satu konsep daripada Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mudah-mudahan memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk pengurus ataupun santriwan-santriwati Pesantren Tahfizh Nurul Qur’an. Demikian di sampaikan Dosen pelaksana PKM Tomi Hidayat, S.Kom., M.Kom di lokasi kegiatan (19/4).

Tomi menambahkan, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di laksanakan disebuah pesantren yang terletak di Jl. Melati I No 89 Kelurahan Gandul Kecamatan Cinere Kota Depok yaitu Pesantren Tahfizh Nurul Qur’an dimana kegiatan ini dinamai Sosialisasi Internet Sehat dan Pengelolaan Media Sosial untuk kalangan pengurus ataupun santriwan-santriwati di pesantren ini. Pelaksanaan ini dimulai dari hari jum’at sampai dengan hari sabtu tanggal 19 sampai dengan 21 april 2019. adapun tema PKM ini adalah "Sosialisasi Internet Sehat dan Pengelolaan Media Sosial"

Lebih lanjut ia menjelaskan, Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan luas mengenai dunia teknologi terlebih fokus ke arah media sosial yang terdapat di dunia maya karena ini sangatlah penting agar setiap pengurus ataupun santriwan-santriwati lebih bijak dalam menggunakan internet ataupun media sosial dan lebih teliti untuk membedakan antara berita hoax atau asli.

Andre Muhamad Yusuf  mahasiswa pelaksanan PKM menjelaskan susunan kegiatan PKM ini yaitu dimulai pukul 09.00 yang diawali pembukaan dengan membaca Surat Al-Fatihah, dilanjutkan dengan menyayikan lagu Indonesia Raya dengan bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan Negara Indonesia dan tidak lupa membaca Ayat Suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh salah satu peserta PKM untuk mengingatkan kembali kepada seluruh hadirin akan Kuasa Allah SWT. Acara selanjutnya yaitu sambutan Dosen dan Piminan Pesantren dan acara inti yaitu penyampaian materi. Disela kegiatan juga diisi dengan game untuk menghibur dan mengurangi kejenuhan

Pimpinan Pesantren Tahfizh Nurul Qur’an yakni Ust. Muhammad Husni Thamrin, S.HI mengucapkan banyak terima kasih atas kunjungan Dosen Universitas Pamulang dan mudah-mudahan ada kelanjutan kerjasama dalam hal apapun untuk kedepannya.

salah satu pengurus pesantren yaitu Ismail Ma’ruf merasa takjub terhadap Unpam setelah menyaksikan video profilnya, “Luar biasa Universitas Pamulang gedung yang mewah, fasilitas yang sangat mencukupi tapi biaya hanya 200rb/bulan itu sangat relatif murah”. tuturnya

Comment