Politik

Kamis 07 Maret 2019 | 16:37 WIB

Laporan: Ahmad

Pemilu 2019 ; Deklarasi Dukungan Capres

deklarasi dukungan capres

Sebagaimana diketahui, masing-masing pasangan capres-cawapres mendapat dukungan dari berbagai kalangan di Pilpres 2019. Deklarasi dukungan marak di gelar oleh berbagai kalangan terhadap capres jagoannya.

Capres 01 Jokowi-Ma’ruf Amin mendapatkan dukungan dari berbagai kepala daerah, walaupun deklarasi kepala daerah tersebut dipertanyakan karena status mereka sebagai kepala daerah. Keterlibatan kepala daerah tersebut juga dikhawatirkan mempengaruhi netralitas ASN dan penggunaan fasilitas Negara untuk kepentingan salah satu pasangan capres.

Capres 02 Prabowo-Sandi juga mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan diantaranya alumni perguruan tinggi, purnawirawan dll di berbagai daerah. Mereka berharap Prabowo-Sandi dapat membawa Indonesia lebih baik lagi.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai maraknya deklarasi dukungan Alumni kepada calon presiden hanya kegiatan seremonial belaka.

Hendri Satrio belum melihat adanya relasi deklarasi dukungan Alumni dengan elektabilitas pasangan calon. "banyaknya dukungan Alumni sekolah atau universitas tidak bisa menjadi gambaran suara nyata di Pilpres 2019". ujarnya

Pengamat politik Universitas Indonesia, Yon Machmudi mengatakan meski mendapat dukungan dari berbagai pihak, namun dukungan tersebut dinilai tidak efektif untuk menarik insentif elektoral. Pasalnya, masyarakat kelas menengah yang terdidik tidak banyak terpengaruh dengan aksi deklarasi-deklerasi dukungan semacam itu.

"tidak mudah dipengaruhi lewat deklarasi yang sangat seremonial. Karena itu, perlu konsep kampanye yang dialogis untuk merebut hati para pemilih rasional perkotaan". ucapnya

Comment