Pendidikan

Rabu 10 Februari 2021 | 16:54 WIB

Laporan: Somariah Fitriani

Dosen Uhamka, Praktekan Metode dan Teknik Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru Taman Kanak-Kanak

Workshop mengenai bagaimana meningkatkan metode dan teknik pembelajaran bahasa Inggris bagi guru taman kanak kanak.

Jakarta, visione.co.id--Tim pengabdian masyarakat (PKM) UHAMKA mengadakan workshop mengenai bagaimana meningkatkan metode dan teknik pembelajaran bahasa Inggris bagi guru taman kanak kanak. Tim terdiri dari Dr. Somariah Fitriani, M.Pd dan Hamzah Puadi Ilyas, Ph.D yang juga merupakan nara sumber kegiatan workshop adalah dosen pascasarjana Prodi Administrasi Pendidikan dan Prodi bahasa Inggris. Pelaksanaan workshop yang dilakukan secara daring dengan menggunakan platform Google meeting berlangsung selama dua hari pada tanggal 28 -29 Desember 2020 selama 3 jam pada setiap sesi dimana kegiatan ini dikhususkan bagi guru guru TK Aisyiyah 92 cabang Gambir Jakarta Pusat. Kegiatan ini juga diikuti oleh peserta lain yang berjumlah 20 orang.

Menurut Hamzah Puadi Ilyas sekalu Dosen Uhamka menyatakan workshop ini dibagi menjadi dua bagian dimana nara sumber pertama menjelaskan tentang “Methods and Techniques for young learners” yang diadopsi dari Jack C. Richards dan nara sumber yang kedua menekankan pada praktek, contoh-contoh dan penjelasan mengenai karaketeristik anak anak, media pembelajaran, permainan yang menyenangkan, lagu lagu dan class routine yang bisa meningkatkan kemampuan berbahasa anak anak sedini mungkin.

 “Keterampilan berbahasa Inggris yang merupakan salah satu ketrampilan utama di abad 21 ini perlu diasah sejak dini, oleh karenanya kemampuan berbahasa Inggris para guru TK memegang peranan penting untuk menjembatani hal tersebut.”  Ungkap Hamzah Puadi Ilyas sekalu Dosen Uhamka kepada redaksi visione.co.id. Rabu (10/02).

Hal senada juga dikatakan Somariah Fitriani bahwa para gurupun diharapkan dapat mempraktekkan dan membuat variasi pengajaran yang menekankan pada student centered dan bukan teacher centered.

“Selain itu, teknik pembelajaran yang menyenangkan, efektif dan efisien (MEE) dan bervariasi dengan metode Total Physical Response (TPR) perlu diimplementasikan agar anak anak dapat mudah menyerap pelajaran.” kata Somariah Fitriani sebagai ketua Tim.

Somariah menambahkan kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris guru gurunya. Antusiasme peserta cukup tinggi dengan banyaknya pertanyaan pertanyaan berkisar teknik pembelajaran dan model model permainan yang bisa diterapkan di kelas untuk anak anak.

Comment