Megapolitan

Selasa 26 Januari 2021 | 09:36 WIB

Laporan: Liszulfah Roza

Dosen FKIP Uhamka Fasilitasi Guru Untuk Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Elektronik-Book

Dosen FKIP Uhamka Fasilitasi Guru Untuk Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Elektronik-Book DI SMA Islam As-Syafi’iyah 02

Jakarta, visione.co.id--Pandemik Covid-19 yang masih melanda dunia hingga saat ini memaksa berbagai sektor kehidupan mengalami perubahan secara drastis. Salah satu sektor yang mengalami dampak yang paling signifikan adalah bidang pendidikan akibat pemberlakuan kebijakan pembelajaran secara daring. Lembaga pengabdian masyarakat UHAMKA dan Program Studi Pendidikan Fisika Uhamka yang diketuai oleh Dr. Liszulfah Roza bersama anggota Mega Elvianasti, M.Pd melakukan kerjasama dengan SMA Islam As-Syafi’iyah 02 untuk menfasilitasi para  guru-guru di sekolah tersebut dalam memanfaatkan teknologi untuk membuat media pembelajaran fisika berupa pembuatan elektronik-book (e-book) yang di lakukan secara daring selama 2 hari kegiatan.

Kegiatan ini di ikuti oleh 35 orang guru sebagai peserta dan berlangsung selama 2 hari dari pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini dimulai dengan kata pembukaan dan kata sambutan dari perwakilan sekolah yang di wakili Asih Pertiwi, S.Si dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan sekaligus penyampaian materi Dr. Liszullfah Roza.

Menurutnya teknologi informasi yang paling banyak digunakan dalam proses pembelajaran secara daring dan kaitan antara teknologi dengan keefektifan proses pembelajaran secara daring menggunakan teknologi tersebut.

“Melalui kegiatan ini diharapkan penguasaan pembuatan e-book dengan aplikasi ini oleh pendidik yang dapat di tampilkan melalui smartphone peserta didik secara langsung menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang efektif dan memberikan kemudahan bagi pendidikan dan peserta didik dalam proses pembelajaran.” Jelas Liszullfah Roza, dosen Prodi Fisika FKIP Uhamka dalam sambutannya.

Kegiatan selanjutnya pemberian materi tentang pembuatan media pembelajaran berupa elektronik book menggunakan Thunkable yang disampaikan Salsa Ariani Rodhiah, S.Pd.

“Materi ini kami dimulai dengan pengenalan e-book dan beberapa aplikasi yang dapat digunakan dalam membuatnya, salah satunya menggunakan aplikasi Thunkable, dilanjutkan dengan cara pembuatan e-books tersebut secara langsung dengan aplikasi tersebut.” Jelas Salsa Ariani Rodhiah salah satu dosen Prodi Fisika FKIP Uhamka sesuai rilis kepada redaksi visione.co.id (25/01/2021)

Setelah penyampaian materi, peserta kegiatan didampingi langsung untuk membuat e-book oleh tim pengabdian secara langkah demi langkah sehingga dapat menghasilkan sebuah e-book untuk sebuah materi pembelajaran yang diampu oleh peserta.

Salsa Ariani Rodhiahmenambahkan kegiatan pendampingan ini di lakukan hingga 2 hari ke depan sehingga semua peserta dapat secara maksimal dalam memahami proses pembuatan media pembelajaran tersebut. Selama kegiatan, semua peserta didik sangat antusias mengikuti proses pembuatan e-book tersebut melalui aplikasi Thunkable yang sudah di download di smartphone mereka masing-masing. Setelah semua kegiatan terlaksana dengan baik, di akhir kegiatan para peserta didik semakin tertarik dan terlihat bersemangat dalam mempelajari teknologi yang berkaitan secara langsung dengan setiap aspek kegiatan kependidikan.

Comment