Pendidikan

Selasa 26 Januari 2021 | 09:10 WIB

Laporan: Devi Anugrah

Masa Pandemik, Dosen FKIP Uhamka Ajak Guru Kelola Laboratorium Biologi Secara Baik

Zoom Meeting Pelatihan Manajemen Laboratorium Biologi di masa pendemi.

Jakarta, visione.co.id--Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Uhamka melalui Tim Pengabdian Pendidikan Biologi Uhamka telah melakasanakan program Pelatihan Manajemen Laboratorium Biologi di masa pendemi. Pelatihan ini bekerjasama dengan Dikdasmen PWM Muhammadiyah DKI Jakarta dan MGMP MA DKI Jakarta. Pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan agar para guru biologi tetap dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengelola laboratorium dan praktikum biologi, untuk praktikum biologi pada kesempatan ini ditekankan pada praktikum morfologi tumbuhan.

Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui zoom meeting dan whatsapp grup. Pada hari Selasa, 22 Desember 2020. Pelaksanaan teknis dan penyampaian materi melalui zoom meeting dan dibuka oleh Dekan FKIP Uhamka Bapak Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd. dalam sambutannya beliau memberikah arahan serta motivasi agar tetap semangat dan dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Penyampaian materi praktikum morfologi tumbuhan disampaikan oleh Devi Anugrah, M.Pd sebagai narasumber/fasilitator.

“Walaupun dalam masa pandemi Covid 19 dan pembelajaran dilakukan secara daring, praktikum morfologi tetap dapat dilakukan. Praktikum ini sudah saya lakukan semester lalu dikala saya mengampu mata kuliah praktikum sturktur tumbuhan. Kita hanya modal hp, tumbuhan, kertas putih dan ring led kalau ada” pungkas Devi sapaan akrabnya melalui rilis kepada redaksi visione.co.id (23/01/2021).

Devi lebih menjelaskan bahwa kegiatan selanjutnya dilaksanakan melalui whatsapp grup, melalui whatsapp grup fasilitator dan peserta berdiskusi untuk mengerjakan latihan menganalisis morfologi tumbuhan yang sudah diberikan. Pada whatsapp grup ini peserta saling berinteraksi dan berbagi informasi. Satu minggu setelah pertemuan via zoom meeting laporan kegiatan dikumpulkan dan dikoreksi serta dikomentari oleh fasilitator. Selain komentar yang diberikan, diskusi juga dilakukan pada grup whatsapp mengenai laporan, sebagian besar peserta masih kurang tepat dalam menganalisis duduk daun.

Ada hal menarik dalam diskusi tersebut, Guru asal SMA Muhammadiyah 15 Jakarta Ega Magfirah Robbani, S.Pd.

“Saya kok jadi jelalatan lihat dedaunan di pohon yaa, hehe” tulis Ega dalam WhatsApp group.

Diakhir kegiatan, fasilitator memberikan penguatan dan apresiasi kepada peserta, selanjutnya peserta diminta memberika testimoni mengenai kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan. Salah satu testimoni diberikan oleh Tinia Leyli Shofia Ahmad, selaku humas MGMP MA DKI Jakarta

“Terima kasih Bpk Devi Anugrah, M.Pd dan Tim atas sharing ilmu dan pengalamannya. Terima kasih juga pada Panitia yang sangat support selama pelatihan, semoga ilmunya dapat dimanfaatkan sehingga menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir, Baarokallahu fiikum Jazaakumullahu khairan katsiiran. Berharap kerjasama kita dapat terus terjalin” Tulis Tania dalam WhatsApp group.

Comment