Pendidikan

Senin 13 Juli 2020 | 06:08 WIB

Laporan: Abdul

Dosen UNPAM Prodi Teknik Informatika Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Karang Taruna Petamburan Jakarta via online conference call

Tangkap layar pelaksanaan kegiatan PKM Dosen Universitas Pamulang

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM ) merupakan wujud nyata TRI DHARMA perguruan tinggi dari seorang Dosen, yang memiliki tanggung jawab moral terhadap lingkungan sekitar nya.

Universitas Pamulang (UNPAM) khususnya Program studi Teknik informatika yang diketuai oleh Bpk. Muhamad Meky Frindo, M.Kom bersama dosen lain sebagai anggota antara lain:, Bobi Agustian, Fajar Agung Nugroho, Muhamad Yasser Arafat, dan Petricia Oktavia, yang pada kesempatan ini melakukan kegiatan PKM di Karang Taruna Petamburan secara daring via conference call.Zoom, dengan tema “PERAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI NEW NORMAL, SOSIALISASI APLIKASI (PEDULI LINDUNGI) DAN PRODUKTI DI MASA PANDEMI COVID-19”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu tanggal 10-12 Juli 2020.

“Puji Syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberi kesempatan kita untuk merealisasikan kegiatan PKM walaupun dengan kondisi dari rumah masingmasing, sebenarnya kami biasa melaksanakan pengabdian secara langsung namu karena situasi covid-19 dan kebijakan dari pemerintah sehingga diputuskan pelaksanaan PKM secara online, Ucapan terimakasih kepada pihak karang taruna petamburan khususnya Ketua karang taruna dan jajaran pengurus yang telah membantu sehingga kegiatan PKM ini terlaksana dengan baik dan lancar, serta mohon maaf jika menjadi ada beberapa hal kekurangan dari pelaksanaan PKM secara online ini.” Hal ini disampaikan oleh Bobi selaku perwakilan dari Tim Dosen Pengabdi. Lebih lanjut lagi beliau menyampaikan kepada peserta yang hadir para Pemuda karang taruna setempat bahwa “kegiatan ini diharapkan”. Tambahnya.

Muhamad Nur falah selaku perwakilan dari karang taruna, menyampaikan banyak “terima kasih kepada pihak UNPAM terutama para Do sen teknik Informatika yang telah mau berbagi ilmu pengetahuan kepada Kami sehingga pemuda Kami mendapatkan ilmu tambahan”  semoga dalam masa PSBB ini kita bisa tetap produktif dan juga bisa memanfaat waktu dimasa pandemik ini,” imbuhnya.

Fajar Agung menjelaskan dalam penyampaian materinya “Kita perlu mengenali apa virus covid-19, yakni virus corona yang baru karena berbeda dengan virus corona yang sudah ada seperti MERS dan SARS, mampu bereplikasi dalam sel hidup dan mampu masuk melalu mata, hidung dan mulut”. Kemudian untuk menjaga diri kita maka sebaiknya menerapkan protokol new normal, jaga jarak, memakai masker dan sering mencuci tangan dengan sabun. Serta sebaiknya mengurangi kumpul-kumpul”. Tambahnya.

Frindo pun menyampaikan “aplikasi peduli lindungi merupakan aplikasi yang dirancang oleh KOMINFO dan Kementrian BUMN, yang bertujuan untuk memutus dan menghilangkan covid-19. Dan produktifitas dalam masa pandemi dengan melakukan berjualan online dengan memanfaatkan google, layanan e-commerce seperti bukalapak, juga mulai mengenal monetizing yang ada di layanan youtube.”

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diikuti oleh puluhan pemuda karang taruna Petamburan Jakarta ini bejalan dengan baik, antusiasme  peserta sangat tinggi sekali dengan menyimak dan mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan apa yang disampaikan pemateri , serta melakukan dialog langsung dengan dosen pemateri kegiatan PKM.

Comment