Pendidikan

Jumat 19 Juni 2020 | 09:01 WIB

Laporan: Abdul

TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI CORONA, DOSEN PRODI TEKNIK INFORMATIKA UNPAM SOSIALISASIKAN GOOGLE CLASSROOM

PKM Daring Dosen Prodi Teknik Informatika

Dalam rangka menjaga sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran di masa Pendemi Covid 19 Dosen Prodi Teknik Informatika melakukan sosialisasi Google Classroom. Sosialisasi ini terselenggara atas kerja sama antara Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang dengan SMP IT Al-Mustofa Kota Tangerang dalam rangka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Achmad Udin Zailani, S.Kom, M.kom bersama Samsoni, S.Kom, M.Kom, Agung Perdananto, S.Kom, M.Kom, dan Nurjaya, S.Kom, M.Kom sebagai anggota, mengusung tema “Sosialisasi Google Classroom sebagai media pembelajaran Online akibat dampak Pandemic Covid 19”. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online pada tanggal 15 Juni sampai dengan 17 Juni 2020 berlokasi di SMP IT Al-Mustofa, jalan M.H. Thamrin No. 54 Kebon Nanas Panunggangan Utara Kota Tangerang.

Meskipun kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan secara daring namun kepala sekolah SMP IT Al-Mustofa, Nurhadi, S.Ag menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini karena meskipun di masa Pandemi Covid 19 di mana semua aktivitas kegiatan dilaksanakan dari rumah namun kita harus mampu melakukan inovasi di segala hal salah satunya kegiatan belajar mengajar melalui Google Classroom.

“Bahwa kita harus mampu untuk berinovasi walaupun di masa pandemi covid 19 ini yaitu salah satunya menggunakan google classroom untuk membantu Kegiatan Belajar Mengajar secara online. Tentu kegiatan yang dilakukan oleh Team Dosen dan mahasiswa teknik informatika UNPAM sangat membantu sekali untuk memberikan pelatihan secara menyeluruh tentang media daring ini”. Ungkap Nurhadi dalam sambutannya (Senin, 15/06/2020).

Selanjutnya Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat, Achmad Udin Zailani, S.Kom, M.kom mengatakan bahwa PKM kali ini dilakukan secara daring dimana tujuannya adalah untuk memberikan pelatihan sekaligus sosialisasi Google Classroom kepada dewan guru dan peserta didik melalui Sharing Session tentang Google Classroom, Pemberian Materi tanya jawab, pemberian Link Video Tutorial dan dilanjutkan dengan membuat WAG serta konsultasi tentang Google Classroom.

“Bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan atau sosialisasi tentang penggunaan Google Classroom kepada dewan guru dan peserta didik dilingkungan SMP IT Al Mustofa terutama di masa pandemi covid 19, baik Sharing Session tentang Google Classroom, Pemberian Materi tanya jawab, pemberian Link Video Tutorial dan dilanjutkan dengan membuat WAG serta konsultasi tentang Google Classroom” Ujar Udin dalam sambutannya (Senin, 15/06/2020).

Seperti diketahui bahwa kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu kewajiban Tri Darma perguruan tinggi yang wajib dilakukan setiap Dosen. Selain melakukan aktivitas pendidik dan penelitian dan tidak kalah pentingnya pengabdian kepada masyarakat juga menjadi tugas utama. Semoga peran perguruan tinggi khususnya Universitas Pamulang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat secara luas.

Comment