Pendidikan

Selasa 02 Juni 2020 | 08:50 WIB

Laporan: Daan

Dosen UNPAM dan Bimbel Privat MATRIKS Bersinergi Membantu Siswa Meningkatkan Kualitas Layanan Belajar di Tengah Pandemi Covid 19

PKM Daring Dosen Unpam

Pada hari Senin-Jum’at, 11-15 Mei 2020 dan Senin-Jum’at, 18-22 Mei 2020 para civitas akademika Universitas Pamulang, yang terdiri dari lima orang Dosen Universitas Pamulang, yaitu  Bapak. Choirul Basir, S.Si, M.Si, Ibu Nina Valentika, S.Si, M.Si, Bapak. Ilmadi, M.Pd, Bapak  Gerry Sastro, S.Si, M.Pd, dan Ibu Vivi Iswanti Nursyirwan, S.Sos.,M.M menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat secara daring.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 pekan selama bulan Ramadhan ini berlangsung secara daring di tengah Pandemi Covid 19. Kegiatan berlangsung pada pukul 14.45-17.30 melalui aplikasi  zoom meeting. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mengusung tema: “Pembahasan Soal Tes Potensi Skolastik pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2020 dengan Aplikasi Zoom untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Online di tengah Pandemi Covid 19”.

Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini, para dosen unpam berkolaborasi dengan Bimbel dan Privat MATRIKS sebagai mitra. Bimbel dan Privat MATRIKS merupakan lembaga bimbingan belajar dan privat yang menyelenggarakan pembelajaran kelas offline (tatap muka) maupun online. Cabang awal dari Bimbel dan Privat MATRIKS ada di di Reni Jaya Pamulang Barat bertepat di Jl. Surya Kencana Pamulang Barat Tangerang Selatan (seberang sekolah Muhammadiyah) dengan Instagram @bimbelmatrikspamulang. Kemudian Bimbel dan Privat MATRIKS membuka cabang lainnya diantaranya adalah Jl. Pamulang Permai 1 Blok A1 No. 3 Pamulang Barat Tangerang Selatan (Dekat SMPN 4 TangSel Jalur Pipa Gas) dengan Instagram @bimbelmatrikspamulangpermai, kemudian di Jl. Lapangan Bola 5B Kebon Jeruk Jakarta Barat (Sebelah PDX PET Dekat SMPN 75 Jakarta) dengan instagram @bimbelmatrikskebonjeruk, Lalu di Ruko Pelangi Blok E No. 5 Cengkareng Jakarta Barat (Seberang Mall Taman Palem) dengan Instagram @bimbelmatrikstamanpalem. Website utama Bimbel dan Privat MATRIKS adalah bimbelmatriks.net. Bimbel dan Privat MATRIKS memiliki Website Tryout Online yaitu bimbelmatriks.com. Sedangkan, Website e-learning dari Bimbel dan Privat MATRIKS adalah elearning.bimbelmatriks.net.

Menurut paparan ketua kegiatan pengabdian Masyarakat, Bapak. Choirul Basir, S.Si, M.Si, tujuan kegiatan ini adalah membantu para siswa dalam menyelesaikan masalah pada metode pengajaran di sekolah menengah atas. “Bimbel dan Privat MATRIKS memiliki metode penyelesaian soal secara cepat dan tepat yang dapat mengakomodir kebutuhan para siswa guna mempersiapkan diri menghadapi seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri pada tahun 2020 meskipun kita semua dihadapkan pada kondisi pandemi covid 19” Ujarnya kepada Visione.

Menurut ketua kegiatan pengabdian masyarakat, fokus kegiatan di Bimbingan Belajar dan Privat MATRIKS adalah mengoptimalisasi layanan pembelajaran secara daring untuk menjawab kendala pada metode pembelajaran tatap muka di tengah kondisi pandemi covid 19. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan penekanan pada aspek teoritis dan praktis. Aspek teoritis, yakni dengan menyampaikan paparan teori dalam mengatasi strategi menjawab soal. Secara praktis, yakni penekanan pada cara menjawab dengan cepat dan tepat dalam mengatasi soal-soal berkaitan dengan tes potensi skolastik.

Pembahasan soal tes potensi skolastik dilakukan oleh Bapak Choirul Basir, S.Si, M.Si dan diikuti oleh beberapa mahasiswa Universitas Pamulang, yang terdiri dari : Ambang Jelang Hari (Semester 6), Chitra Arisila Putri (Semester 6), Asep Anjasmara Laxmana (Semester 4), Farhan Anfasal Muluk (Semester 6), dan Askolani (Semester 6) serta partisipan siswa menengah atas yang sedang mempersiapkan diri dalam mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri pada tahun 2020. Saat acara berlangsung para dosen juga melakukan observasi untuk dapat menilai aspek kognisi dari peserta pelatihan. Hasil observasi kegiatan menggambarkan bahwa terdapat peningkatan aspek kognitif dari peserta pelatihan. Hasil evaluasi kegiatan juga menggambarkan bahwa siswa memahami cara cepat dan tepat dalam menyelesaikan soal-soal tes potensi skolastik.

TAG BERITA

Comment