Pendidikan

Sabtu 23 Mei 2020 | 11:03 WIB

Laporan: Daan

Dosen Program Studi Akuntansi S1 Universitas Pamulang Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat tentang Penjualan dan Pembukuan Secara Daring dengan Peningkatan Aplikasi/Konten Online

Worksop Online Dosen Akutansi Unpam

Kondisi Pandemi Covid 19 dan pemberlakuan Work From Home (WFH) tidak menyurutkan semangat Dosen Prodi Akutansi S1 Universitas Pamulang untuk tetap berbagi ilmu kepada masyarakat. Belum lama ini mereka menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu melakukan workshop secara online. Penyuluhan, pelatihan dan pendampingan berkelanjutan ini dikemas dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai salah satu kontribusi dari dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kebermanfaatan yang berkelanjutan bagi masyarakat yang ditunjukkan oleh tim dosen dari Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang pada kegiatan pengabdiannya adalah dalam rangka solusi kepada mitra dengan menggunakan metode penyuluhan, pelatihan dan pendampingan dengan tema ”Saat Pandemi Covid-19: Penjualan dan Pembukuan Secara Daring dengan Peningkatan Aplikasi dan Konten Online”

Peserta workshop adalah komite orang tua murid/guru di Little Bee House (LBH) Pamulang  yang memiliki usaha rumahan / home industry. Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut dilaksanakan pada tanggal 16-18Mei 2020 mendapat sambutan baik oleh kepala sekolah Little Bee House (LBH), para orang tua dan guru yang terlibat. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di saat Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat tim dosen dan peserta sehingga kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara penyuluhan, pelatihan dan pendampingan melalui pertemuan online dengan aplikasi Zoom Meeting. Tema tersebut dirasa sangat penting bagi orang tua murid/guru yang memiliki usaha rumahan dan saat Pandemi Covid-19 sanga tmempengaruhi penghasilan mereka, dampak dari terjadinya wabah Covid-19 ini bukan hanya sekadar penyakit yang mempengaruhi kesehatan, namun juga dampak secara  sosial ekonomi, khususnya ekonomi keluarga.

Listya Sugiyarti, S.E., M.M., CFA, selaku ketua Pengabdian Kepada Masyarakat didampingi tim dosen lainnya yaitu Effriyanti, S.E., Akt., M.Si, CA, Siti Hanah, S.E., M.M dan Nur Asmilia, S.E., M.M., AK yang merupakan narasumber rmenyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberikan solusi maksimal dalam hal strategi berjualan produk secara online, memanage keuangan dengan baik dengan memanfaatkan aplikasi dan konten online di masa Pandemi Covid-19. “Sebagaimana kita mengalami semua, dalam kondisi pandemi covid 19 kita serba sulit, ekonomi masyarakat terpuruk, namun demikian semangat berbisnis tidak boleh kendor, semua harus tetap berjalan”. Ungkapnya kepada Visione.

Sejalan dengan Listya,  Siti Hanah S.E., M.M yang merupakan narasumber memberikan motivasi kepada peserta bahwa dalam kondisi saat ini “Ibarat sebuah kapal yang diterjang badai, kita tidak menerbangkan layar, atau menurunkan jangkar, tetapi membiarkan kapal mengikuti gelombang”. “Maksudnya bukan berarti berdiam diri, melainkan mempersiapkan bisnis dan tim. Jadi ketika ada sesuatu yang sifatnya urgensi, kita siap mengambil tindakan dan intinya kitajangan berdiam diri di masa krisis…teruslah produkti!”. Imbuhnya dengan semangat.

Chairiah Hayatun Nufus, S.Pd selaku kepala sekolah mengatakan kehadiran tim PKM dari Universitas Pamulang bukan pertama kali, tim dosen terus melakukan pendampingan yang berkelanjutan kepada managemen sekolah, komite sekolah dan para orang tua. Sharing session atas ilmu, pengalaman dan motivasi yang diberikan sangat bermanfaat bagi pihaknya. “dimasa Pandemi Covid-19 ini, pembelajaran terus berjalan secara online di sekolah tersebut sehingga dibutuhkan dukungan dari para orang tua dan guru. Strategi penjualan secara daring yang menggunakan aplikasi/konten online harus kreatif dan meningkat dalam usaha rumahan/home industry dari para orang tua murid/guru, dan sangat layak diaplikasikan dalam bisnis mereka, sehingga dapat menghasilkan peningkatan pendapatan”.Pungkasnya.

Dengan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan seperti ini, mereka merasa bermanfaat dan memiliki mentor yang mumpuni sehingga berharap pengabdian kepada masyarakat ini terus berkelanjutan.

Comment