Pendidikan

Senin 18 Nopember 2019 | 08:49 WIB

Laporan: Abdul

Dosen Prodi TI Unpam Mengajak Para Pelajar Lebih Bijak Menggunakan Media Sosial

Dosen Prodi Teknik Informatika Bersama Peserta PKM

Perkembangan Teknologi Informasi yang begitu pesat, disamping membawa dampak positif bagi dunia kerja dan dunia sosial, juga memberikan pengaruh negatif bagi netizen. Penggunaan alat komunikasi yang tidak bijak, khususnya dalam berkomunikasi di media sosial, sering membawa si pengguna berurusan dengan hukum. Banyak pengguna gadget tidak menyadari akibat hukum dari perlakuan yang salah di media sosial, seperti berbicara kasar, melecehkan seseorang, posting video amoral, body shaming, dll. Mereka baru menyadari kesalahan tersebut ketika si korban membawa permasalahan ini ke pihak berwajib. Implementasi UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) pada banyak kasus hukum yang terjadi di media sosial, sering membuat si pelaku kaget dan menyesal. Pada umumnya itu terjadi karena ketidaktahuan mereka pada akibat hukum dari perlakuan yang salah dalam berinteraksi di dunia maya. Untuk mengatasi permalahan ini, salah satu solusinya adalah dengan memberikan penyuluhan  kepada masyarakat, khususnya para pelajar, tentang dampak negatif dari penggunaan media sosial yang salah. SMK Al-Hidayah Ciputat, juga menghadapi persoalan yang sama dengan pelajar di sekolah lain, karena murid-muridnya termasuk pengguna aktif di media sosial.

Dalam rangka menjalankan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dosen-dosen Prodi Teknik Informatika (TI), Fakutas Teknik Universitas Pamulang, mengadakan PKM di SMA Al-Hidayah Ciputat, yang berlokasi di Jl. RE Martadinata no.7, Kel.Cipayung, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan. PKM ini dilaksanakan dari tanggal 14–16 November 2019. PKM ini berbentuk penyuluhan dan diskusi interaktif. Tema yang diusung dalam kegiatan PKM ini adalah “Pengenalan dan Implementasi UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Dalam Kasus Cyber Crime Di Media Sosial dan Solusi Permasalahannya Bagi Pelajar”. Dimana 4 orang dosen dari Prodi Teknik Informatika, ikut turun langsung dalam kegiatan PKM ini sebagai nara sumbernya, yaitu Hadi Zakaria, Shandi Noris, Samsoni, dan Dena Wulandari. Kegiatan PKM ini juga melibatkan mahasiswa dari Prodi TI, yang banyak membantu sebagai pelaksana di lapangannya. Pada kesempatan yang sama, Hadi Zakaria, sebagai Ketua PKM, mengatakan bahwa kegiatan PKM seperti ini akan digulirkan juga ke sekolah-sekolah yang berada di tempat lain, yang ada di wilayah Prov.Banten, DKI dan Jawa Barat.

Tujuan dari PKM ini adalah untuk meningkatan kesadaran siswa dalam menggunakan internet sesuai kebutuhan dan tujuan penggunaannya. Dan juga untuk memperkenalkan UU ITE kepada siswa dan implementasinya dalam beberapa kasus hukum yang terjadi di media sosial, agar siswa bisa lebih peduli dan bijak dalam berinteraksi di media sosial secara positif dan tepat guna. PKM ini dihadiri lebih kurang 40 orang siswa SMK Al-Hidayah Ciputat, yang merupakan perwakilan dari siswa siswi SMK kelas  X, XI, dan kelas XII. Ikut mendampingi siswa siswi tersebut, pada kegiatan penyuluhan ini, beberapa Guru SMK Al-Hidayah Ciputat.

Tema yang sangat menarik tersebut, membuat para pelajar begitu antusias mengikuti kegiatan penyuluhan ini sampai dengan selesai. Dalam diskusi interaktif, banyak pertanyaan yang diajukan berkisar tentang kiat-kiat bagaimana menggunakan media sosial secara lebih bijak dan positif. Mereka tahu bahwa di Indoenesia ada UU ITE, tapi mereka banyak yang belum tahu tentang aturan-aturan yang ada dalam UU tersebut. Para siswa tersebut senang dengan adanya PKM ini, mereka mendapat ilmu yang berguna bagi aktifitas  mereka di media sosial. Kegiatan PKM ini diakhiri dengan makan siang dan foto bersama, para dosen, guru-guru, siswa dan mahasiswa Prodi TI Universitas Pamulang.

Comment