Politik

Selasa 02 April 2019 | 16:02 WIB

Laporan: munawar

Masyarakat Diharapkan Memilih Caleg Berdasarkan Rekam Jejak

rekam jejak caleg

Visione- Menjelang hari pencoblosan untuk Capres, DPD, DPR dan DPRD, Semua pihak diharapkan dapat mengawal penyelenggaran pemilu ini supaya berjalan dengan damai dan berkualitas. Perlu komitmen dari semua pihak mulai penyelenggara, peserta pemilu dan masyarakat guna mewujudkan pemilu yang berkualitas dan damai.

Penyelenggara pemilu tentu harus bekerja dengan baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya supaya pemilu dapat berjalan dengan jurdil dan luber. Penyelenggara Pemilu di tuntut netral dan tidak ikut berkompetisi. Tidak hanya penyelenggara pemilu, pihak TNI dan Polri diharapkan dapat menjamin netralitas dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu.

Peserta pemilu diharapkan mengedepankan kampanye dengan menawarkan gagasan dan program kepada masyarakat. tim sukses dan pendukung masing-masing Capres supaya menghindari cara-cara yang kotor seperti hoax, fitnah, ujaran kebencian, isu sara dan politik uang.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan tidak golput. Masyarakat punya banyak pilihan caleg dari tiap Partai dan tersebar di daerah pemilihan. Pilihan ini dapat berpengaruh terhadap kehidupan bangsa dan masyarakat 5 tahun ke depan. Masyarakat juga diharapkan dapat menjadi pemilih cerdas dengan menentukan pilihannya berdasarkan rekam jejak caleg.

Ahmad Yaser Peneliti Visi Institute mengatakan, menilai rekam jejak caleg itu penting seperti bagaimana kapasitas dan integritas caleg tersebut. Kapasitas dan integritas ini akan mempengaruhi kinerja caleg tersebut di DPR dan dalam mengemban aspirasi masyarakat “masa mau memberikan amanah kepada yang bukan ahlinya”. Tuturnya

Yaser yang juga Dosen UIN Jakarta menjelaskan bagaimana kinerja sebagai anggota DPR yang meliputi fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan. Maka itu penting memilih caleg yang berkapasitas supaya kinerja atau fungsi tersebut dapat maksimal untuk kesejahteraan rakyat. Selain itu, masyarakat juga diharapkan memilih caleg yang berintegritas “dengan posisinya sebagai wakil rakyat di DPR dapat menyerap dan memperjuangkan aspirasi masyarakat”. ujarnya

Comment