Politik

Jumat 05 Oktober 2018 | 16:46 WIB

Laporan: admin

GOLKAR DORONG PEMILU DAMAI, BERSIH DAN BERMARTABAT

agun saat di temui pers di jakarta

Dalam rangka HUT Golkar yang ke 54 yang jatuh pada 20 oktober 2018, Fraksi Partai Golkar di MPR akan menggelar seminar kebangsaan. kata  Agun Gunanjar Sudarsa Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR RI (2/10/2018).

Seminar tersebut mengambil tema : “Membangun Pemilu 2019 yang Damai, Bersih dan Bermartabat” Dengan tema tersebut, diharapkan nanti akan dibahas materi-materi oleh para pembicara sesuai dengan basis keilmuan dan pengalaman masing-masing. 

Agun menuturkan, Seminar dengan tema tersebut dipilih dengan mempertimbangkan pengalaman dari pemilu sebelumnya yang selalu saja menyisakan masalah, terlebih untuk pemilu 2019 pileg dan pilpres dilakukan pada waktu yang bersamaan.

Tujuannya agar pemilu serentak dipahamai sebagai kompetisi dalam kerangka memperkuat 4 pilar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.Selain itu, untuk mengurangi politik identitas yang rawan gesekan,  tegasnya.

Pemilu serentak tentunya memiliki sifat, karakter dan teknis penyelenggaraan yang berbeda dan akan lebih kompleks. Pemilu serentak yang untuk pertama kali dalam sejarah politik nasional ini membutuhkan kesiapan dan partisipasi aktif dari kita semua.

Agun menjelaskan, seminar ditujukan untuk mengurangi dan mengantisipasi dampak ikutan pemilu, mulai dari kecurangan pemilu, politik uang, sampai pentingnya saksi dalam tahapan pemilu sejak di hari H,

Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari penuh pada hari senin tgl 15 Oktober 2018, bertempat di Gedung KK I DPR RI. Yang akan diawali oleh pidato pengarahan dan pembukaan Ketua Umum DPP Partai Golongan Karya, Bapak Ir. H. Airlangga Hartarto

Kegiatan ini akan mengundang dan menghadirkan peserta dari pimpinan partai politik peserta pemilu legislatif 2019 dan pimpinan Tim Kampanye Nasional dari Pasangan Calon presiden dan Wakil Presiden Pilpres 2019.

Selain pimpinan Ormas, OKP, LSM, Media, kami juga mengundang pimpinan perguruan tinggi, perwakilan organisasi mahasiswa, pemuda dan wanita se-Jabodetabek.

Seminar kebangsaan ini menampilkan 4 topik 1. Peran Polri dalam mewujudkan Pemilu Aman, tertib dan Damai, oleh Kapolri Jenderal (pol) Prof DR Tito Karnavian 2. Antisipasi kecurangan dan politik uang pada Pemilu 2019. Oleh Ketua Bawaslu RI.3.Membangun Komunikasi politik yang Cerdas dan partisipatif. Oleh Dosen dan pakar Komunikasi politik Pascasarjana Komunikasi Univesitas Indonesia. 4. Pilihan isu politik kebangsaan yang mensejahterakan rakyat. Oleh DR Valina Sinka Subekti, mantan PAH I BP MPR, mantan anggota KPU RI, Dosen Fisip UI.

Agun berharap, semoga seminar kebangsaaan yang akan digelar di jakarta tgl 15 oktober ini dapat memberikan pencerahan dalam mewujudkan pemilu 2019 yang semakin berkualitas, penuh kedamaian, penuh santun, etis, bersih, menjalin persatuan dan kesatuan.
Pemilu yang mampu menghasilkan pemerintahan yang efektif guna mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Menjadi Negara terdepan dalam membangun demokrasi bermartabat di kancah pergaulan dunia Internasional. ujarnya

Comment