Pendidikan

Senin 23 Juli 2018 | 14:29 WIB

Laporan: Kaka Doma

Dosen UHAMKA: Jadilah Guru Yang Menginpirasi

Supendi Dosen UHAMKA

Jakarta, visione.co.id--Sebuah program pre-service teacher training yang diselanggarkan dalam bentuk workshop mengenai inspiring teacher and student para guru SMK Muhammadiyah 9 Cipulir Jakarta Selatan. Selasa (15/05/2018).

Kegiatan dalam bentuk sharing session bertajuk Workshop inspiring teacher and student berlangsung lebih kurang 120 menit dan difasilitasi atau diampu langsung oleh salah seorang fasilitator Supendi selaku Dosen FKIP UHAMKA dan Mukhlish M. Maududi selaku Dosen FISIP UHAMKA.

Dalam kesempatan itu, Mukhlish M. Maududi berbicara tentang Macam-macam Gaya Belajar untuk membangun media dan metode pembelajaran yang kreatif. Pada materi ini disampaikan bagaimanakah konsep gaya belajar yang terdiri dari 3 Jenis yaitu  Visual, Audio dan Kinestetik. Serta Macam-Macam Metode Pembelajaraan  yang  terdiri dari Metode Ceramah, Metode Diskusi dan Metode Demonstrasi. Dan ditutup dengan Simulasi.

“Ke depan berharap acara workshop mengenai inspiring teacher and student ini bisa menjadi acara berkelanjutan dengan waktu yang lebih lama sehingga dapat menambah wawasan secara maksimal untuk para guru-guru dalam mencetak generasi-generasi penerus bangsa” ungkap Supendi memalui rilis ke redaksi visione.co.id.

Dilanjutkan dengan sesi kedua. Dengan pemateri Moh. Supendi, M.Pd berbicara mengenai Pokoknya Saintifik dalam pembentukan karakter dan movitasi menjadi guru inspiratif.

Pada materi ini disampaikan Filosofi Sekolah, macam-macam karakter siswa, sertacara-cara pembelajaran yang menuntut para guru untuk bersikap kreatif ketika menghadapi siswa yang aktif dan harus upgrade dengan perkembangan yang terjadi. Menggunakan pendekatan saintifik dengan metode active learning,  mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami dan memecahkan masalah dan mengaplikasian materi pembelajaran.

Selain itu ada project based learning, yaitu suatu metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Selainitu juga dipaparkan mengenai langkah-langkah operasional diantaranya konsep dasar, pendefinisian masalah, pembelajaraan mandiri, pertukaran pengetahuan dan penilaian. Guna membuat para siswa untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. (Kaka Doma)

TAG BERITA

Comment